Home Arsip RedaksiAKSARA Berkenalan Antar Maba Lewat Platform?

Berkenalan Antar Maba Lewat Platform?

by Reza Amanda
350 views

Yogyakarta, Kreativa – Tahun pelajaran sudah berganti, kegiatan perkuliahan pun harus segera dilaksanakan. Mereka, para siswa lulusan SMA/K, yang melanjutkan ke perkuliahan, segera menyiapkan diri untuk kehidupan yang lebih tinggi, luas, dan keras demi dapat menjalani kehidupan yang sebenarnya setalah lulus nanti.

Selain mendapat teman, berkenalan bagi maba juga bisa memudahkan mendapatkan informasi dan relasi. Dengan diperpanjangnya PPKM karena Covid-19 yang makin merajalela akhir-akhir ini, kegiatan perkuliahan pun dengan sangat disayangkan, dilaksanakan kembali secara dalam jaringan (daring) atau online. Mahasiswa angkatan 2020 pun masih belum bisa merasakan rasanya berkuliah secara langsung di bangku kampus.

Ospek atau lebih dikenal dengan sebutan PKKMB juga harus dilaksanakan secara online. Mahasiswa baru hanya bisa merasakan euforia PKKMB melalui tayangan ponsel dan laptop masing-masing. Itu pun hanya bisa mereka lakukan dari rumah. Kegiatan PKKMB yang biasanya menjadi ajang berkanalan dan mengumpulkan teman, sekarang menjadi tidak begitu terasa keseruaannya karena para mahasiswa baru hanya bisa berkenalan melalui platform online.

Bagaimana mereka berkenalan walau hanya lewat platform online? Mereka dikumpulkan di suatu grup, grup yang sering digunakan di sini biasanya adalah WhatsApp dan Telegram. Di situlah mereka mulai saling menyapa dan berkenalan satu sama lain. Mulai dari berbagi cerita, pengalaman, asal daerah dan budaya juga berbagi ilmu dan pengetahuan.

Dirasa berkenalan melalui platform online menjadi lebih cepat dan lebih fokus dengan tujuan awal. “Salam kenal, aku Reza Amanda dari Jogja. Boleh kenalan dong.” “Hai juga aku Siti Nurjanah dari Magelang. Dah kenalan nih.” Selesai, mereka sudah saling berkenalan. Dari situ, tinggal mengembangkan percakapan supaya bisa lebih dekat dan akrab.

Informasi-informasi penting yang berkaitan dengan perkuliahan pun bisa juga saling mengingatkan dan memberitahu di antara mereka sehingga tidak akan ketinggalan informasi. Ketinggalan dan kelewatan informasi di masa perkuliahan yang secara online ini sangat rawan terjadi. Diri sendiri yang tidak bisa selalu menghadap ke ponsel atau laptop, bisa saja beberapa informasi terlewat.

Baca Juga: Menjaga Koneksi Selama PKKMB

Berkenalan dengan orang baru terutama ketika akan menjalani tingkatan kehidupan yang baru memang sangat diperlukan. Bayangkan saja menjalani kegiatan sehari-hari hanya dengan diri sendiri. Di sisi lain, berkenalan di masa perkuliahan secara online ini juga tidak begitu efektif. Mereka tidak bisa begitu dekat dan akrab, hanya sebatas bertukar pesan melalui platform online. Orang yang perlu diajak berkenalan pun terbatas karena kita hanya bisa tahu melalui tatap maya.

PKKMB FBS 2021 baru saja dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2021. Untuk memeriahkan euforianya dibentuk gugus yang di dalamnya tidak hanya berisi dari satu jurusan tetapi lebih. Di sana, mereka bisa lebih berkenalan dengan teman-teman yang lain. Saling berbagai informasi terutama yang berkaitan dengan kegiatan dan penugasan PKKMB FBS 2021. Beberapa tugas yang mengaruskan dikerjakan secara berkelompok juga berperan dalam memperat ikatan antar mahasiswa baru. Ide dan masukan saling dilontarkan demi penuntasan.

Secara keseluruhan, berkenalan hanya melalui platform online di antara mahasiswa baru bisa saja tidak akan terlaksana secara efektif jika hanya sebatas tahu nama. Keeratan antar mereka harus tetap dijaga. Ketika di dalam kelas, mengerjakan tugas dari dosen, ketika bergabung dalam himpunan mahasiswa, UKM, dan kepanitian.

Bisa dikatakan bahwa relasi bisa saja didapatkan walau hanya secara online. Yang perlu dilakukan hanya dengan lebih menjaga silaturahminya, tidak hanya saling mengirim pesan ketika membahas tugas tetapi juga bisa disisipi dengan cerita curahan hati atau sejenisnya. Dengan begitu, tidak perlu khawatir, mahasiswa baru yang berasal dari Aceh sampai Papua , mereka tetap bisa mendapatkan teman dan relasi.

Setelah ini, yang bisa kita lakukan adalah mematuhi peraturan protokol kesehatan dan berdoa sehingga pandemi Covid-19 ini bisa cepat berakhir. Kita akan bisa menjalani kehidupan perkuliahan yang sesungguhnya dan bertemu teman-teman yang selama ini hanya bisa ditemui melalui platform online.

Related Articles