Teras

Galakkan Santun Berbahasa Melaui Kreasi Buku Pop-Up

Melihat fenomena lunturnya budaya santun berbahasa pada anak-anak, sekelompok mahasiswa UNY ciptakan inovasi Buku Pop-Up Petualangan Rio Mengenal 4 Kata Ajaib.

Buku ini kreasi dari Mahira Clarita Garinihasna (Pendidikan Bahasa Inggris), Anis Safitri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Dianita Astari (Pendidikan Ekonomi), dan Syaeful Anwar (Pendidikan Seni Rupa). Dibawah bimbingan Ahmad Wahyudin, S.S., M. Hum, mereka membuat buku pop-up santun berbahasa untuk anak usia Golden Age, yaitu 2-8 tahun.

Dok. Tim

Anis Safitri menyampaikan bahwa kasus bullying merupakan contoh nyata dari lunturnya kesantunan berbahasa di masyarakat. Ia memaparkan, berdasarkan data yang mereka peroleh, kasus bullying terhadap guru yang divideokan dan menjadi viral meningkat drastis pada tahun 2019. Anis menambahkan, banyak kasus bullying antarteman yang bahkan membuat korban menjadi depresi.

“Buku pop-up ini berisi cerita petualangan Rio dan kucing manisnya Miauw berkeliling Indonesia untuk mencari 4 kata ajaib, yaitu terima kasih, permisi, maaf, dan tolong. Menurut kami, 4 kata tersebut sudah sering diabaikan oleh anak-anak. Padahal 4 kata tersebut sangat ajaib jika diterapkan demi menjaga kebhinnekaan masyarakat kita,” ujar Mahira Clarita.

Buku pop-up kreasi Mahira dan teman-teman ini memadukan antara kesantunan dan kebhinnekaan. Dian Astari menjelaskan konsep dari pop-up karya mereka.

Dok. Tim

“Buku pop-up yang kami buat juga menampilkan budaya asli Indonesia. Anak-anak akan dikenalkan bentuk rumah Hanoi dari Papua, pakaian adat dari Kalimantan, dan bentuk budaya lain. Cerita petualangan Rio dan Miauw juga dikemas unik karena memakai roket yang mampu melintasi pulau-pulau. Di perjalanan itulah mereka dikenalkan angka-angka,” tutur Dian.

Dalam proses pembuatan untuk menjamin konten buku, Anis menyampaikan jika ia dan timnya berkonsultasi langsung dengan dosen ahli sastra anak. Sedangkan, untuk menjamin kualitas buku, mereka menggunakan bahan unggulan.

“Kami menggunakan bahan kertas ivory kualitas terbaik dan full color. Sampul yang kami pilih juga hard cover. Intinya, kami ciptakan buku pop-up ini sebaik mungkin untuk generasi Indonesia,” ucap Syaiful Anwar.

Anis dan timnya, optimis bahwa Buku Pop-Up Petualangan Rio Mengenal 4 Kata Ajaib akan diminati masyarakat. “Harga yang terjangkau, kualitas dijamin terbaik, dan konten cerita yang sudah divalidasi, membuat buku pop-up ini layak dijadikan rekomendasi bacaan untuk anak-anak” pungkas Anis.

Untuk melakukan pemesanan dapat menghubungi 0895 2368 7740 (SMS/WA) atau Instagram @bikaindonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top