Bahasa

Graffiti, Bukti Kreativitas Suporter Sepak Bola

LPPM Kreativa

Di mana kiranya dapat kita temukan beragam cerita yang tersaji dalam satu hal? Sepak bola. Dibahas dari sisi mana pun, kita akan menemukan hal yang menarik dari sana.

Seperti mesin, sepak bola memiliki komponen-komponen yang sangat beragam. Klub, pemain, skill, pelatih, pertandingan, wasit, duel big match, menang, kalah, kartu, komentator, liga, penyelenggara, petinggi, korupsi, stadion, pendukung, loyalitas, sorak sorai, kesedihan, hidup mati, dan harga diri.

Sebenarnya, bukan hanya itu saja. Masih banyak hal lain yang membuat sepak bola memiliki cita rasa yang begitu kompleks. Apa akibat yang ditimbulkan jika mesin kehilangan salah satu komponen penyusunnya? Tidak bekerja dengan baik, atau bahkan rusak. Begitu juga sepak bola.

Mengutip penggalan lirik lagu Simon & Garfunkel “And the sign flashed out its warning, in the words that it was forming. And the sign said the words of the prophets are written on the subway walls….”

Tanda memiliki arti penting dalam kehidupan. Tanpa tanda tiada komunikasi dan bahasa. Tanda ialah segala hal yang mewakili objek yang ditujukan kepada seseorang yang menanggapi atau memahaminya. Di samping itu, tanda mengandung sebuah peringatan.

Bagi seorang atau sekelompok suporter klub sepak bola, ungkapan dukungan mereka merupakan sebuah tanda untuk memberitahukan kepada orang lain bahwa mereka memiliki rasa bangga terhadap klub yang mereka dukung. Selain itu, dengan tanda itu mereka ingin memperoleh pengakuan dari masyarakat umum dan dalam jangka panjang, memperoleh kebahagiaan.

Viktor Frankl, seorang pakar psikologi humanistik yang juga pendiri aliran logoterapi, menyatakan bahwa dambaan, hasrat, dan tujuan utama setiap manusia adalah kehidupan yang bermakna (meaningful life). Artinya setiap orang normal menginginkan dirinya berharga dan berarti bagi diri, keluarga, lingkungan, dan di mata Tuhan. Bila hal itu dapat diraih, maka yang didapat ialah rasa bahagia.

Bentuk dukungan suporter sepak bola, selain melalui yel-yel yang dinyanyikan untuk mengiringi tim saat bertanding, dapat juga dilakukan melalui karya seni rupa. Misalnya saja graffiti, yang sering kita jumpai di tembok-tembok tepian jalan. Tak hanya di tembok saja, bahkan graffiti juga dapat ditemukan di gerbong-gerbong kereta.

Graffiti adalah sebuah seni lukis dan gambar yang sangat memperhatikan warna, garis, bentuk, dan volume untuk melukiskan kata, simbol, atau kalimat tertentu.

Kata-kata yang ditulis dalam graffiti terkadang bukan berupa bahasa Indonesia. Misalnya saja kata Forza yang berasal dari bahasa Italia yang berarti kekuatan.

Namun, sebagian besar supporter klub sepak bola sudah memiliki jargon atau kosakata khusus yang menjadi ciri khas masing-masing klub. Kosakata itulah yang biasanya ditulis dalam graffiti.

Misalnya saja suporter klub sepak bola Arema FC, Aremania. Mereka biasa menuliskan kata-kata “Salam Satu Jiwa” yang merupakan salam persatuan suporter Arema. Pemilihan kata-kata ini bukan tanpa alasan karena ada makna tertentu di baliknya yang dapat membangkitkan rasa persatuan dan kebanggaan.

Selain itu, kata-kata yang ditulis dalam graffiti juga merupakan kata populer yang dapat diterima oleh semua kalangan. Pasalnya, graffiti berada di tempat umum harus dapat dilihat dan dipahami oleh siapa pun dengan cepat. Pemilihan kata-kata yang tidak tepat dapat mengakibatkan kesalahan tafsir.

Jadi kreativitas suporter klub sepak bola di Indonesia ini selain dapat dinikmati dalam bentuk yel-yel juga dapat dilihat melalui karya-karya seni rupa mereka. Satu hal yang saya peroleh ketika membicarakan sepak bola: asyik!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top