Home Resensi Itaewon Class : Jatuh, Bangkit Lagi

Itaewon Class : Jatuh, Bangkit Lagi

by Annisa Nurisnaini
86 views

Itaewon Class merupakan salah satu drama Korea yang ramai diperbincangkan sejak kemunculannya pada akhir Januari 2020. Drama yang tayang di stasiun TV Korea JTBC dan Netflix ini mengalami peningkatan rating di setiap episodenya. Plot dari drama Korea ini diadaptasi dari Webtoon populer dengan judul yang sama dengan fokus cerita tentang realita kehidupan.

Cerita bermula pada saat Park Sae Royi masuk ke sekolah barunya. Teman sekelasnya yaitu Jang Geun Won merundung Lee Ho Jin. Disaat teman-teman yang lain hanya diam bahkan guru menganggap itu hanya candaan semata, Park Sae Royi berani mengambil tindakan dengan meninju Jang Geun Won.

Karena ayah Jang Geun Won yaitu Jang Dae Hee memiliki kekuasaan, ia meminta Park Sae Royi untuk berlutut dan minta maaf kepada Jang Geun Won. Park Sae Royi menolak hingga berakibat ia dikeluarkan dari sekolah barunya. Tak hanya sampai disitu, ayah Park Sae Royi yang merupakan pegawai di Perusahaan Jangga harus mengundurkan diri karena kejadian tersebut.

Suatu malam, Ayah Park Sae Royi mengalami tabrak lari yang mengakibatkan ia kehilangan nyawa. Mengetahui bahwa Jang Geun Won merupakan orang dibalik peristiwa itu, Park Sae Royi tidak tinggal diam. Ia memukuli Jang Geun Won hingga tak sadarkan diri. Lagi-lagi karena kekuasaan yang dimiliki Jang Dae Hee, Jang Geun Won lolos dari hukuman. Justru Park Sae Royi yang harus mendekam dibalik sel tahanan selama 2 tahun karena tuduhan percobaan pembunuhan kepada Jang Geun Won.

Memang bukan hal baru bahwa orang yang memiliki uang dan kekuasaan seakan-akan kebal terhadap hukum. Ketidakadilan tersebut mengakibatkan Park Sae Royi semakin dendam kepada keluarga Jang. Selama menjadi tahanan, Park Sae Royi banyak belajar dan mempersiapkan strategi untuk membalas perbuatan mereka. Meskipun dengan tujuan balas dendam, Park Sae Royi menggunakan cara yang sportif, tidak seperti yang dilakukan oleh Keluarga Jang.

Kelebihan dari drama Itaewon Class adalah banyak pesan positif yang dapat diambil. Kita dapat mencontoh karakter Park Sae Royi yang pantang menyerah. Setelah keluar dari sel tahanan, Park Sae Royi bangkit dari keterpurukannya. Ia menjalani berbagai pekerjaan demi mencapai tujuannya. Tentu dalam menjalani pekerjaannya banyak rintangan yang harus dilalui Park Sae Royi. Hingga 7 tahun kemudian, kerja keras Park Sae Royi membuahkan hasil. Ia berhasil mendirikan sebuah kedai bernama DanBam.

Tidak hanya pantang menyerah, Park Sae Royi adalah orang yang peduli terhadap sesama. Menurutnya, bisnis tidak hanya tentang keuntungan, tetapi juga bagaimana kita memanusiakan manusia.

Dalam memilih pegawai, Park Sae Royi mengedepankan sisi kemanusiaannya. Ia memililki 5 pegawai yang berbeda-beda latar belakangnya. Namun, bagi Park Sae Royi apapun latar belakang pegawainya bukan suatu masalah. Hal yang terpenting adalah mereka mau berjuang dan bekerja sama untuk mewujudkan DanBam sebagai franchise yang mampu mengalahkan Jangga.

Kelebihan lain dari Itaewon Class adalah drama ini berbeda dengan kebanyakan drama Korea lainnya yang fokus pada kisah cinta para tokoh. Itaewon Class berfokus pada perjalanan hidup seorang Park Sae Royi yang penuh lika-liku. Juga persahabatan antara para pegawai Park Sae Royi yang begitu hangat.

Selain itu, pemilihan berbagai genre soundtrack-nya sangat mendukung setiap adegan. Salah satunya adalah lagu “Start” milik Gaho yang merupakan lagu upbeat. Lagu tersebut mendukung adegan Park Sae Royi yang bersemangat untuk bangkit dari setiap masalah yang ia hadapi.

Kekurangan dari Itaewon Class ada pada episode terakhirnya yang memiliki alur terlalu memaksakan. Konflik yang ada terselesaikan dengan mudah dan terkesan buru-buru. Hal ini dikarenakan pada episode sebelumnya terdapat beberapa adegan tidak penting yang malah ditampilkan. Meskipun demikian, Itaewon Class merupakan drama Korea yang layak untuk ditonton karena banyak pesan-pesan positif di dalamnya. [redaksi/Pandan]


Baca tulisan Annisa atau resensi lainnya di lppmkreativa.com

Related Articles