Home Teras Jogja Coffee Week, Selalu Dinanti Pegiat Kopi

Jogja Coffee Week, Selalu Dinanti Pegiat Kopi

169 views

Setelah terhalang pandemi, Jogja Coffee Week kembali digelar pada Jumat (2/9/2022) lalu. Ajang ini jadi momentum yang akan selalu dinantikan.

Jogja Coffee Week (JCW) adalah ajang pameran berbagai produk kopi yang diselenggerakan oleh Komunitas Kopi Nusantara. Ajang ini digelar di Hall A Jogja Expo Center, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hadirnya event ini mendapat sambutan hangat khususnya dari para pegiat kopi. Pasalnya ajang ini memberikan banyak manfaat bagi para pelaku di dunia perkopian.

“Keberadaan pameran Jogja Coffee Week #2 ini sangat penting bagi kami yang selama ini banyak mengedepankan produk lokal karena lewat kegiatan ini aneka kopi yang ada di DIY seperti Kopi Suroloyo Kulonprogo, Kopi Merapi Sleman, serta beberapa yang lain. Kondisi itu direspon positif oleh Bank BPD DIY yang memiliki komitmen tinggi untuk mengangkat produk lokal agar lebih dikenal masyarakat luas,” ungkap Windarno, Pengelola Kopi Suroloyo (UMKM binaan Bank BPD), seperti dikutip dari krjogja.com.

Baca Juga: Literasi Tidak Akan Kehilangan Kutu Bukunya

Hadirnya event ini juga membuat pelaku UMKM lain merasa terbantu dalam mempromosikan produk mereka, mulai dari produk kopi hingga alat-alat produksi (mesin kopi). Semakin dikenal masyarakat luas, maka semakin besar potensi UMKM di dunia perkopian Nusantara ini untuk berkembang.

Lebih dari itu, event ini dianggap sebagai ajang untuk memberi kesempatan seluas-luasnya pada petani untuk menjalin hubungan yang baik dengan para pelaku industri. Dengan begitu, mereka akan saling memberikan timbal balik kebermanfaatan.

Sejumlah hal positif yang timbul inilah yang membuat Jogja Coffee Week akan selalu dinantikan oleh masyarakat khususnya para pegiat kopi Nusantara.

 

Cr. Afifah Azzahra

Related Articles