Buku

Tentang Kamu, Gebrakan Baru dari Tere Liye

Judul : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Tebal Buku : vi+ 524 hal. ; 13.5×20.5 cm
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2016
Harga : Rp. 70.000

Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita. 

Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali, aku tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi. 

Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan.

 

Tentang Kamu merupakan judul novel terbaru salah satu penulis Indonesia Tere Liye. Novel ini bisa dibilang berbeda dari novel-novel karya sebelumnya karena mengambil latar di luar negeri, tepatnya London dan Paris sebagai titik awal dan titik akhirnya cerita. Kita bisa belajar banyak dari novel terbarunya ini, mulai dari soal kesabaran, persahabatan, percintaan dan kehebatan sang tokoh dalam menerima semua rasa sakit yang pernah dirasakannya.

Kisah ini bermula dari seorang pemuda bernama Zaman Zulkarnaen yang bekerja sebagai pengacara di salah satu firma hukum di London.

Namun Zaman bukanlah tokoh utama dari novel ini, tentang ‘kamu’ di sini adalah Sri Ningsih. Anda akan dibuat senang, bangga, sampai haru saat mengulik kisah hidup Sri Ningsih. Pemikiran Sri Ningsih sangatlah tulus, tidak pernah sekali pun dia berprasangka buruk pada orang. Dia memiliki hati sebening dan seteguh Kristal. Kisah cinta yang dialami oleh Sri Ningsih pun sangat menyentuh, meskipun dijabarkan secara sederhana, namun tetap Indah sampai maut yang memisahkan mereka.

Meski baru dua tahun bekerja di firma tersebut, Zaman mendapat sebuah kasus besar. Ia ditugaskan untuk mengurus warisan dari seorang klien yang baru saja meninggal di Paris. Klien tersebut adalah seorang perempuan tua, berusia 70 tahun, dan belasan tahun terakhir tinggal di panti jompo. Pemegang paspor Inggris serta izin menetap di Perancis. Aktif dalam kegiatan berkebun di panti jompo (hal. 12). Klien ini mewariskan aset berbentuk kepemilikan saham senilai satu miliar poundsterling atau setara 19 triliun rupiah (hal. 11). Dan yang lebih menarik, klien tersebut bernama Sri Ningsih. Dilihat dari namanya, dia berasal dari Indonesia, negara yang sama dengan negara asal Zaman sebelum dia menyelesaikan kuliah master hukum di Oxford University.

Kisah hidup Sri Ningsih sendiri sangatlah luar biasa. Penelusuran Zaman tersebut membuatnya banyak belajar dari sosok Sri Ningsih, termasuk untuk menyelesaikan masalah keluarga yang sedang dihadapi oleh Zaman.

Demi menyelesaikan tugas tersebut, pada hari itu juga, Zaman langsung berkunjung ke panti jompo, tempat Sri Ningsih menghembuskan nafas terakhirnya. Disana Zaman memperoleh petunjuk berupa buku diary Sri. Buku tersebut sederhana. Hanya ada sepuluh halaman yang berisi tulisan, dibagi menjadi lima bagian, masing-masing dua halaman. Setiap bagian hanya ada satu-dua paragraf pendek, beserta satu-dua foto yang ditempelkan di halaman bagian itu (hal.18). Berbekal dari buku diary, Zaman menelusuri kehidupan Sri dari masa kecilnya hingga ia meninggal. Zaman harus menjelajahi tiga negara, lima kota, dan beribu luka. Setelah menelusuri setiap bagian dari kisah hidup Sri, Zaman pun akhirnya bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Di bab-bab terakhir merupakan bagian yang paling seru dan banyak kejutan. Di bagian tersebut, akan terlihat betapa perhitungannya Sri Ningsih terhadap sesuatu. Selain selalu berprasangka baik terhadap sesuatu, Sri Ningsih juga merupakan orang yang cerdas dan brilian. Dia bisa memutuskan segala hal yang bisa memberikan dampak luar biasa ke depannya. Salah satunya adalah penanaman saham 1% di perusahaan multinasional yang membuatnya bisa menimbun harta hingga triliyunan rupiah.

Jika biasanya Tere Liye menulis novelnya menggunakan bahasa Indonesia, di dalam novel Tentang Kamu tersebut Tere Liye menggunakan bahasa asal dari tokoh utama yakni Sumbawa. Perubahan yang cukup signifikan jika Penulis mampu menggunakan variasi bahasa selain bahasa Indonesia.

Mau tahu, betapa mengagumkannya novel Tentang Kamu karya Tere Liye?

 

Nurul Khasanah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top