Teras

KMSI Membuka Bulan Bahasa

Kegiatan pembukaan Bulan Bahasa diselenggarakan oleh Keluarga Mahasasiswa Sastra Indonesia (KMSI) pada Kamis (10/10) malam. Kegiatan tersebut dilakukan di Pendopo Tedjokusuma, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). kegiatan tersebut dimulai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh dekan FBS, Sri Harti Widyastuti, sebagai simbol dimulainya Bulan Bahasa.

Adapun serangkaian acara bulan bahasa yang diadakan oleh KMSI meliputi pembukaan Bulan Bahasa, lomba menulis cerpen dan puisi daring, kuliah umum, lalu malam puncak Bulan Bahasa sebagai penutup rangkaian kegiatan.

Pembukaan ini mengusung tema “Merajut Aksara Merambah Dunia”. Fajar Kurniawan, selaku ketua panitia Bulan Bahasa mengatakan bahwa arti dari tema tersebut.

“[maksud dari tema tersebut adalah] Mengeksistensikan bahasa Indonesia pada bangsa kita sendiri. Lalu dijadikan kebanggaan identitas daripada negara-negara lain,” Ungkap Fajar.

Foto: Dok. KMSI

Dirinya mengaku bahwa persiapan pembukaan Bulan Bahasa sudah berlangsung sejak akhir Juli. Lelaki yang akrab dengan sapaan Awan itu mengaku senang dengan terselenggaranya pembukaan Bulan Bahasa.

Pembukaan Bulan Bahasa diisi oleh penampilan tari, pembacaan puisi, musik, dan teater. Beberapa Grup penampil antara lain Fadlizon, Adinda dan Apip, Tanpa Nama, Daras, Syarif, Anisa Rahayu, Exlecoustic, Hima Seta, dan Sasmita.

Pembukaan tersbebut turut mengundang bintang tamu, Yuliono Singsot, pemusik yang dikenal dengan siulannya dan keunikannya dalam menarasikan lirik. Malam itu, Singsot menyanyi sambil membubuhi liriknya dengan lawakan-lawakan yang menghibur penonton serta tamu undangan.

Dalam penampilannya, Pria kelahiran 1988 itu mengutip apa yang dikatakan Soekarno, “Aku lebih senang pemuda yang merokok dan minum kopi sambil diskusi tentang bangsa ini, daripada pemuda kutu buku yg hanya memikirkan diri sendiri.” Kemudian ia menambahkan, “Kita harus memikirkan orang lain. Kalau kita tidak gotong royong kita akan mudah di adu domba.”

Foto: Dok. KMSI

Pria yang pernah mengikuti audisi Indonesia Idol 2014 itu mengaku senang lantaran mendapat respon saat dirinya tampil. “Saya tidak merasa ada kekurangan selama acara tadi. Sempurna! Saya bahagia bisa membahagiakan orang lain,” ungkap Singsot saat ditemui reporter Kreativa.

Sri Harti Widyastuti, yang merupakan dekan baru FBS UNY, turut menghadiri pembukaan Bulan Bahasa yang diadakan oleh KMSI. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut mengedepankan keunikan.

“[ada] Sesuatu yang unik. Sesuatu yang baru,  juga menonjolkan kreativitas. Saya kira ini menjadi ajang latihan buat teman-teman [mahasiswa] agar ke depannya bisa mempunyai keterampilan plus (mengasah keterampilan),” tutur Sri Harti.

Sri Harti mengaku sering mengikuti kegiatan kemahasiswaan seperti pembukaan Bulan Bahasa saat dirinya masih menjabat wakil dekan II.  “Saya senang dinamika anak-anak (mahasiswa) dengan kreativitasnya. Senang dengan kemajuan zaman-zaman ini,” pungkasnya. [*]

Reporter: Sri Kadarsih/ Fitri Ayu Kartini

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Terbaru

To Top