Home Teras Lebih Dekat dengan FBS Melalui PKKMB Fakultas

Lebih Dekat dengan FBS Melalui PKKMB Fakultas

by Nisriinaa Luthfi
511 views

Dalam rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022, Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan PKKMB tingkat Fakultas. Termasuk di dalamnya, Fakultas Bahasa dan Seni juga turut menyukseskan PKKMB dengan digelarnya berbagai kegiatan menarik bagi mahasiswa baru.

Setelah melalui rangkaian acara PKKMB tingkat jurusan (25/08) yang cukup padat, tidak mengurangi semangat dan antusiasme mahasiswa baru dalam pelaksanaan PKKMB tingkat fakultas yang dilaksanakan pada hari Jumat (26/08).

Salah satu panitia PKKMB FBS mengungkapkan bahwa dari segi konsep dan pelaksanaan ia telah optimis bahwa persiapan yang dilakukan telah mencapai di atas 80%. Selain itu, Pramudya Yunan Narendra Abimanyu, salah satu panitia PKKMB FBS juga mengaku memiliki target kesuksesan mencapai 100% dan memiliki keyakinan bahwa kegiatan yang telah dipersiapkan dengan matang akan terlaksana dengan lancar dan sukses.Persiapan yang sudah dilakukan berupa setting tempat, pemain, dan banyak hal lainnya. Menurut salah satu panitia, sejauh ini belum ada hambatan yang mengganggu. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, salah satu hambatan yang cukup menonjol dan terulang pada tahun ini adalah kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk menanggulangi kurangnya SDM tersebut, panitia melakukan perekrutan terbuka bagi siapapun yang memenuhi syarat.

Faktor lain yang menjadi penghambat dalam melakukan program kerja dari segi internal panitia sendiri seperti mood yang kurang baik dan minimnya komunikasi yang kadang terjadi. Kendala lain yang dihadapi berasal dari pihak eksternal seperti vendor dan pihak-pihak yang diajak bekerja sama, bukan dari panitia.

Mengangkat tema “Semangat Integritas demi Mewujudkan Mahasiswa Baru FBS yang Unggul dan Berbudaya”, didasari pada tujuan untuk membangun semangat bagi mahasiswa baru. Pemilihan kata “budaya” diambil dari ciri khas FBS sendiri yang setiap kegiatannya berorientasi pada budaya.

Baca Juga: PKKMB FBS Tingkat Jurusan, Sebelas Cerita, Tetap Berbudaya

Cukup berbeda dengan PKKMB tahun lalu, inovasi lebih digencarkan lagi, yaitu pada konten-konten Tiktok yang harus dibuat oleh para mahasiswa baru dengan mengikuti tren untuk memperkenalkan PKKMB UNY itu seperti apa. Sejauh ini mahasiswa baru masih terlihat antusias dan aktif dalam menyambut kegiatan PKKMB yang berlangsung.

Puncak dari rangkaian acara PKKMB tingkat Fakultas, yaitu dengan diselenggarakannya teater dan pentas kolaborasi jurusan-jurusan yang ada di FBS mulai dari Tarian Gatotkaca dan kompilasi lagu daerah oleh Himasik hingga campursari. Teater yang dipentaskan menampilkan obrolan seputar Fakultas Bahasa dan Seni dengan mengambil konsep kantin ungu dalam replika kecilnya yang ditayangkan melalui live streaming di channel YouTube PKKMB FBS.

PKKMB FBS juga menghadirkan sesi paling penting dalam acara puncak, yakni Bincang Dekanat. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah agar mahasiswa baru bisa lebih mengetahui dan mengenal lingkungan perkuliahan di FBS dengan mendengar secara langsung dari dekanat.

“Inti dari PKKMB itu untuk mengenalkan FBS melalui narasumber yang langsung melalui Bu Dekan. Konsepnya melalui sitkom dan stage dengan panitia selaku perwakilan yang mengajukan pertanyaan,” tutur salah satu panitia PKKMB FBS.

Melalui sesi ini tentu saja akan menambah pemahaman bagi mahasiswa baru terutama dalam menyikapi kultur budaya yang ada di Fakultas Bahasa dan Seni mulai dari sikap, perilaku, dan aturan-aturan yang berlaku seperti gaya berpakaian.

“PKKMB ini tujuannya untuk maba, jadi harapannya agar maba bisa benar-benar tahu FBS itu seperti apa mulai dari jurusan, bagaimana perkuliahan, dan budayanya yang tiap-tiap fakultas berbeda,” ujar Pramudya Yunan Narendra Abimanyu salah satu panitia PKKMB FBS UNY.

Reporter: Khrisna Ayu Meythasari, Amanda Nurdhana Dewanty, Feninda Rahmadiah, Muis Dela Pondesta

Related Articles