Home Teras Libatkan Interpol: Hilangnya Eril Belum Menemui Titik Terang

Libatkan Interpol: Hilangnya Eril Belum Menemui Titik Terang

by Naya Zaara
214 views

Libatkan Interpol dan Kedubes, inilah fakta fakta dibalik Emmeril Khan Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat.

Anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yaitu Emmeril Khan Mumtadz, dinyatakan hilang pada Kamis, 26 Mei 2022 pukul 19:40 CEST. Eril diduga terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Pencarian telah dilakukan oleh tim SAR kepolisian Swiss, namun hingga hari kelima belum ada hasil yang ditemukan.

Berdasarkan keterangan yang tersedia, Eril pindah ke Swiss dengan tujuan melanjutkan sekolah S2. Adapun saat berada di Swiss, Eril ditemani oleh keluarga, Ibu serta adik-adiknya.

Krononogi melepaskan Eril berawal saat dirinya berenang di Sungai Aaree di Bern, Swiss bersama adik-adiknya. Saat kejadian berlangsung, diperkirakan suhu udara mencapai 16 derajat celcius dan debit udara yang membuat arus lebih kuat dari biasanya. Saat hendak naik ke tepi sungai, Eril jatuh. Keluarga serta warga sekitar sempat mendengar Eril berteriak meminta tolong sebelum akhirnya menghilang terbawa arus.

Menurut pengakuan Elpi Nazmuzaman, sebagai adik dari Ridwan Kamil, Eril adalah pemuda yang aktif berolahraga, dapat berenang, dan memiliki pengalaman menyelam. Eril juga merupakan sosok yang mandiri dan bertanggung jawab. Elpi menuturkan bahwa sebelum melakukan kegiatan berenang, Eril memastikan titik aman dan menentukan bagian mana saja yang dapat dilalui. Eril jugalah yang memutuskan dari anggota keluarganya yang boleh turun ke sungai berdasarkan pertimbangan kondisi fisik. Agar memastikan keselamatan kerabatnya, Eril berada di posisi paling akhir saat berenang. Walaupun dengan menanamkan yang kuat dan ketahanan yang memadai, terdapat faktor yang tidak dapat dikendalikan sehingga Eril tidak dapat menyelamatkan diri.

Ridwan Kamil beserta istrinya, Atalia, turut serta dalam pencarian anak mereka dan berangkat ke Swiss pada Senin, 30 Mei 2022. ditemani Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, ditemui oleh Wali Kota Bern, Alec Van Graffenried. Beliau turut serta menyampaikan simpati dan dukungan optimal dalam upaya pencarian Eril. Ridwan Kamil dan istrinya juga bertemu dengan Bapak Heinrich pada saat yang bersamaan. Bapak heinrich sendiri merupakan penduduk Bern yang turut membantu adik perempuan Eril dan teman-temannya naik ke daratan saat kejadian.

BACA JUGA: Sang Musisi Legendaris Berlagukan Kritis

Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri turun tangan dengan mengupayakan Yellow Notice ke Interpol untuk pencarian orang hilang.

“Langkah pertama meminta identitasnya melalui polda Jawa Barat untuk dimintakan Yellow Notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irhen pol Dedi Prasetyo, dilansir dari Antara, Jumat (27/5/2022). . . . . . . .

Interpol sendiri merupakan organisasi kepolisian internasional dan Yellow notice adalah panggilan kepada Lembaga kepolisian di seluruh dunia. Biasanya permintaan ini menyangkut kasus orang hilang. Kasus Eril sendiri sudah diusahakan untuk dibawa ke ranah internasional dan diharapkan dapat segera diselesaikan.

Kasus ini marak di bahas oleh media Indonesia dan juga dimuat dalam surat kabar Swiss. Walaupun terdapat beberapa tanggapan negatif terkait Eril, namun sebagian besar masyarakat turut bersimpati kepada keluarga Ridwan Kamil dan mengharapkan agar kasus ini mendapat titik terang.

Sumber: @emmerilkahn

 

Related Articles