Home Arsip RedaksiAKSARA PKKMB Daring Jilid 2: Euforia di Tengah PPKM

PKKMB Daring Jilid 2: Euforia di Tengah PPKM

by Dwi Saryanti
541 views

Untuk kedua kalinya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kegiatan Kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tahun ajaran 2021/2022 secara online. Hal ini membuat sedikit kecewa para calon mahasiswa baru dikarenakan PKKMB tahun ini dilaksanakan secara online lagi, padahal mereka sudah berekspetasi tinggi untuk bisa melaksanakna PKKMB secara offline.

Putri, salah satu mahasiswa baru FBS 2021 sangat menyayangkan PPKM diperpanjang lagi, Putri mendengar isu bahwa UNY akan melaksanakan PKKMB secara offline, akan tetapi karena PPKM diperpanjang, maka pelaksanaan PKKMB dilakukan secara online.

Meskipun demikian, Putri sangat berterima kasih kepada para panitia PKKMB FBS UNY 2021 karena telah menyiapkan acara dengan sangat meriah.

“Dan itu pertama gak nyangka sih kakak-kakak panitia bisa sampai mempersiapkan acara semeriah ini. Kemudian juga bisa membuat adek-adeknya paham, kan kita juga belum tahu UNY itu seperti apa dalamnya, dosennya gimana. Nah dengan acara ini kita jadi tahu gitu,” ujar Putri.

Tidak hanya Putri saja yang berekspetasi tinggi mengenai pelaksanaan PKKMB, Sari, salah satu mahasiswa baru Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta juga sangat ingin merasakan euforia PKKMB secara langsung di kampus.

“Ya kalau ekspektasi saya bisa offline, kan pastinya seru seperti tahun 2019 kayaknya seru, tapi karena sekarang PPKM jadinya tidak bisa melakukan PKKMB secara luring gitu. Jadi pakai daring, tapi tetap seru. Kalau membayangkan PKKMB offline sih belum, tapi ga terlalu jauh beda menurut saya,” kata Sari.

Akibat pandemi yang belum juga usai dan adanya PPKM membuat pihak kampus tidak berani menyelenggarakan PKKMB secara luring karena pasti akan menyalahi aturan pemerintah. Dan juga di Yogyakarta ini belum ada universitas yang menyelenggarakan PKKMB secara luring, semua universitas melaksanakan kegiatan PKKMB secara daring.

Walaupun PKKMB dilaksanakan secara daring, para mahasiwa dapat merasakan kemeriahannya, mereka sangat berterima kasih kepada panitia dan semua pihak  yang terlibat. Mereka rasa, PKKMB online tahun ini tidak jauh berbeda dengan PKKMB tahun 2019. Mereka juga sangat antusias terhadap tugas yang diberikan oleh panitia, para mahasiswa baru tidak merasa kesulitan dengan tugas yang telah diberikan.

“Emm… menurut saya nggak terlalu berat sih. Cuma dengan pemberian tugas yang secara sekali memberi tugas bisa langsung 3 tugas. Terus awalnya itu ya kaya kaget,” ujar Sari.

Meski para mahasiswa mengikuti euforia PKKMB online dengan senang, sebenarnya mereka sangat ingin merasakan PKKMB secaar oflline, datang langsung ke kampus.

Putri Puspita Sari, mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, menganggap bahwa PKKMB online seru, akan tetapi PKKMB offline akan lebih seru. Ia beranggapan bahwa baru kali ini merasakan penyambutan mahasiswa baru dilaksanakan secara online, dulu waktu masih sekolah, ia masih bisa merasakan penyambutan siswa baru secara offline. Menurut Sari, PKKMB offline bisa bertemu langsung dengan kating, teman-teman, juga dosen. Jadi euforianya lebih berasa. Online saja para mahasiswa baru sudah sangat antusias untuk mengikuti kegiatan PKKMB, apalagi kalau offline, pastinya euforianya akan lebih meriah lagi.

Baca Juga: PKKMB Daring Lagi? Begini Euforianya

Biarpun pelaksanaan PKKMB UNY tahun 2021 dilakukan secara online, semangat dan antusias para mahasiswa baru tidak berkurang.

“Kebetulan kalau di Banyuwangi ini ada 5 teman, tapi yang satu prodi cuma 1 orang. Biasanya kita meet di suatu tempat untuk pembahasan tugas yang sulit dan harus dikerjakan bareng. Kalau sudah selesai mengerjakan tugas yang sulit itu kita pulang ke rumah masing-masing untuk mengerjakan tugas individu yang ringan. Jadi semangatnya tetap kok,” kata Putri.

Menurut para mahasiwa baru PKKMB tahun 2021 ini sangat berkesan, euforia yang didapat tidak kalah dengan PKKMB tahun 2019 yang dilaksanakan secara offline. Meskipun PPKM dan mengakibatkan panitia banyak yang tidak bisa datang ke Yogyakarta, tetapi mereka sudah memberikan yang terbaik untuk PKKMB tahun 2021.

Para maba berharap PKKMB tahun depan lebih berhasil lagi, mulai dari kegiatan, materi, penugasan, dan lainnya. Harapan paling besar para maba yaitu, semoga tahun depan PKKMB bisa dilaksanakan secara offline dengan datang langsung ke kampus.

Reporter: Adela Litani Kusumawardhani, Seftia Mediana, Salma Faqiih Dhiya ‘Ulhaq, Renny Wulandari.

Related Articles