Home KolomSastra Resensi: Pengertian dan Manfaatnya!

Resensi: Pengertian dan Manfaatnya!

by arvindatm
190 views

Pernahkah kamu membaca sebuah ulasan mengenai sebuah karya sastra? Apakah benar-benar memeriksa itu? Ulasan mengenai suatu karya sastra tersebut merupakan hasil dari resensi. Resensi itu sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menilai baik buruknya sebuah karya sastra. 

Pengertian Resensi

Pembahasan lebih lanjut mengenai resensi dijelaskan oleh Imron Rosadi dalam Menulis Siapa Takut? (2009), Resensi diartikan sebagai tulisan tentang pertimbangan buku atau wawasan tentang baik atau buruknya kualitas suatu tulisan yang terdapat dalam sebuah buku. Kemudian dapat dikatakan resensi sebagai kelebihan dan kelemahan pada sebuah karya sastra secara objektif untuk diberitahukan kepada para pembaca. Dalam perkembangannya resensi atau yang dapat disebut sebagai tinjauan  atau timbang buku ini tidak terbatas pada karya tulis saja. Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mengulas bidang karya sastra yang lain seperti drama, musik dan film. 

Unsur  Resensi

Dalam melakukan resensi terhadap suatu karya sastra terlebih dahulu perlu dilakukan pemahaman terhadap resensi unsur. Berikut merupakan beberapa resensi karya tulis yang perlu kamu ketahui.

1. Judul Resensi

Judul merupakan unsur utama yang harus ada dalam sebuah resensi. Judul memiliki peran yang penting dalam sebuah resensi karena menggambarkan isi dari karya sastra yang diresensi secara singkat. Dalam hal ini judul yang unik memiliki nilai lebih karena menarik minat pembaca. Namun. dalam membuat sebuah judul tak hanya unsur menarik yang ditonjolkan, namun juga harus mempertimbangkan keselarasan isi dari resensi yang dibuat.

2. Identitas Karya Sastra

Dalam melakukan resensi terhadap sebuah karya sastra kita sebagai penulis resensi harus memberikan informasi mengenai karya sastra yang kita resensi. Misalnya dalam sebuah karya tulis kita harus memberikan informasi detail dari buku yang kita ulas seperti judul buku, nama pengarang, penerbit, jumlah halaman, tahun terbit beserta harga dari buku yang kita ulas.

3. Isi Resensi

Pada bagian ini berisi tentang sinopsis dari karya tulis yang kita resensi, yaitu berupa ulasan singkat dari buku yang diikuti dengan kutipan yang singkat, kemudian memberikan penjelasan mengenai kelebihan serta kelemahan buku, rumusan kerangka, serta bahasa yang digunakan dalam buku yang kita ulas.

4. Penutup

Pada unsur yang terakhir ini biasanya berisi tentang kesimpulan dan penjelasan mengenai alasan mengapa buku tersebut layak atau buruk untuk dibaca dengan pernyataan  yang logis.

BACA JUGA: Tiga Langkah Jitu Menulis Karangan Nonfiksi

Jenis Resensi

Berdasarkan isi atau sajiannya resensi terbagi dalam tiga jenis. Berikut merupakan jenis-jenis resensi yang perlu kamu ketahui.

1. Resensi Informatif

Resensi informatif merupakan resensi yang hanya berisi tentang informasi penting dari keseluruhan isi karya tulis. Resensi ini memuat informasi yang bermanfaat dan memberikan wawasan terhadap para pembaca yang biasanya disajikan secara singkat dan umum karena hanya berisi ringkasan substansial suatu karya sastra.

2. Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif merupakan resensi yang membahas setiap bagian atau bab dalam sebuah karya tulis yang dijelaskan secara mendetail dan jelas.

3. Resensi Kritis

Resensi kritis merupakan resensi yang dilakukan menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu dalam mengulas isi sebuah karya tulis. Dalam menilai sebuah karya tulis isi dari resensi jenis ini biasanya bersifat objektif dan kritis.

Manfaat Resensi

Kegiatan resensi suatu karya sastra memberikan manfaat tertentu entah itu bagi penulis resensi, pengarang buku yang diresensi maupun pembaca karya tersebut. Berikut merupakan beberapa manfaat yang diperoleh dari kegiatan resensi.

1. Meningkatkan kreativitas dan kritik terhadap karya sastra

Kreativitas menulis akan semakin terasah seiring dilakukannya kegiatan resensi. Dengan kegiatan tersebut penulis juga dapat menganalisis karya sastra secara objektif hal ini tentu saja meningkatkan kemampuan kritik kita terhadap karya sastra.

2. Memberi gambaran dan informasi kepada pembaca

Gambaran dan informasi mengenai sebuah karya sastra ini sangat berguna bagi pembaca sebagai bahan pertimbangan baca.

3. Memberi parameter evaluasi bagi pengarang

Dalam melakukan resensi penulis biasanya akan memberikan pendapat yang dapat berupa kritik dan saran yang membantu penulis sebagai acuan untuk berkembang.

Related Articles