Teras

Sastra Indonesia Melangsungkan PMK 2017

Kreativa — Untuk ketiga kalinya, Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) mengadakan acara Pelatihan Motivasi dan Kepemimpinan (PMK) di Wisma Sembada, Kaliurang, Sabtu (21/10).

Pada intinya, acara ini diselenggarakan untuk mengakrabkan seluruh anggota KMSI.

“Sebenarnya ini buat pengakraban lagi ya, tapi di dalamnya itu ada workshop kepemimpinan dan kepenulisan,” tutur Beni Luluk Pratama, Ketua Panitia PMK 2017.

Materi kepemimpinan untuk mahasiswa baru diberikan pada pagi hari dalam workshop kepemimpinan yang diisi oleh alumni KMSI. Dalam workshop ini, mahasiswa baru dibekali dengan motivasi untuk menjadi pemimpin.

“Untuk kepemimpinannya lebih ke motivasi saja. Memotivasi diri agar menjadi pemimpin yang baik,” jelas Beni.

Walau dilaksanakan di Kaliurang yang berhawa dingin dan berlangsung selama dua hari, Beni mengungkapkan bahwa seluruh maba Sasindo 2017 cukup antusias dengan acara ini.

“Hampir seluruh mahasiswa baru Sasindo ikut. Jumlahnya ada 77, yang tidak berangkat 4. Itu ada alasannya yang jelas,” jelas Beni.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa baru mengadakan pentas di luar ruangan. Ada yang mementaskan drama atau membaca puisi.

Salah satu kelompok maba 2017 mementaskan drama. Foto: Cheri Fernisa/Kreativa.

Via Ajeng dari seksi acara menambahkan, acara ini juga bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa baru 2017 terhadap jenis-jenis sastra.

“Buat mengetahui animo maba itu berapa, lalu minatnya ke puisikah, ke cerpenkah, atau ke esaikah,” tutur Via.

Kegiatan ini, lanjut Via, bisa menjadi evaluasi dan arahan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa baru sesuai dengan minat masing-masing.

Alumni KMSI turut berpartisipasi dalam acara ini. Mulai dari angkatan kedua, diwakili Tri Prasetyo dari angkatan 1998, dan angkatan-angkatan setelahnya, menghadiri acara ini.

“Alumni-alumni pada datang, jadi lebih mengakrabkan lagi,” imbuh Via.

Ada juga acara perkenalan situs Sukusastra.com yang diniatkan untuk menghimpun alumni sejak angkatan ’97 hingga yang masih aktif sekarang ini.

Aliya Novelia, salah satu maba Sasindo peserta PMK 2017, mengungkapkan tentang manfaat dari acara PMK ini: “Numbuhin kreativitas, terus numbuhin semangat berkarya, dan nambahin pengalaman. Jadi, pentingnya makrab itu ya itu. Apa yang nggak bisa didapetin di kampus ya di sini tempatnya,” tuturnya.*** (Apriliasari/Titis Erika/Cheri Fernisa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top