Teras

Teater JAB Pentaskan Musikalisasi Puisi

Nyanyian Kebangkitan featured image

Yogyakarta — Teater JAB UAD menyelenggarakan pentas produksi pertunjukan puisi bertajuk “Nyanyian Kebangkitan” di Concert Hall TBY, Senin malam (18/12/2017).

Pentas produksi yang mengangkat tema Berantai Kisah, Beruntai Kasih ini menyajikan sejumlah repertoar musikalisasi puisi dengan kombinasi unsur-unsur teater dan deklamasi.

Pentas produksi ini merupakan upaya elaborasi musikalisasi puisi lebih jauh. Pasalnya, musikalisasi puisi biasanya dihadirkan sekadar sebagai pelengkap suatu acara.

Pentas dibuka oleh Jejak Imaji dan Al Fine yang masing-masing menyajikan dua komposisi.

Jejak Imaji beranggotakan beberapa mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, sedangkan Al Fine merupakan kelompok yang antara lain beranggotakan violis kawakan Donny On Fire.

Tajuk pertunjukan puisi ini diambil dari salah satu puisi yang diaransemen, yaitu Nyanyian Kebangkitan karya Ahmadun Yosi Herfanda.

Karya-karya puisi lainnya adalah Syair untuk Leiser (Jabrohim), Kabarkan Padaku (Mahwi Air Tawar), Tanah Air Mata (Sutardji Calzoum Bachri), Khasidah dari Negeri Hijau (Abdul Wachid B.S.), dan Setelah Mencintaimu (Acep Zamzam Noor).

Penyair dan violis Iqbal H Saputra

Penyair dan violis Iqbal H. Saputra turut berpartisipasi./Foto: Kreativa

Dalam pentas produksi ini kali, Teater JAB mengundang para alumninya untuk berpartisipasi. Di antaranya adalah penyair dan violis Iqbal H Saputra, Fitri Merawati, Sule Subaweh, Afrizal Oktaputra, dan Dita Yulia Paramita.

Menurut rilis pers yang diterima oleh Kreativa, Teater JAB sudah menggelar pementasan ini di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surabaya pada 18 November 2017.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top