AKSARA

Technical Meeting PKKMB di Area Parkir Mobil FBS UNY

PKKMB adalah ajang bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenali lingkungan dan kehidupan perguruan tinggi. PKKMB dilakukan selama empat hari, yaitu mulai dari tanggal 21 sampai 24 Agustus 2017. Sebelum PKKMB dilaksanakan, mahasiswa baru, terlebih dahulu diwajibkan mengikuti technical meeting pada tanggal 11 sampai 13 Agustus 2017, yakni seminggu sebelum PKKMB dilaksanakan. Pada technical meeting ini, mahasiswa baru, dikumpulkan dan diberi arahan yang bertempat di depan Pusat Layanan Akademik FBS UNY. Area ini, merupakan area parkir mobil.

Walaupun begitu, TM PKKMB yang menggunakan area terbuka pasti mengalami pro dan kontra. Mahasiswa baru, adalah pihak yang  merasakan dampak langsung dari hal ini. Selain terik matahari saat siang hari yang membuat mahasiswa merasa panas debu yang berterbangan juga mengganggu para maba dalam mengikuti rangkaian TM.

Sesungguhnya ada baiknya jika mahasiswa diberi akses yang bebas dalam TM kali ini, dalam konteks area TM. Mahasiswa bisa mengenali lingkungan kampus ungu secara lebih luas. Dalam arti tidak melulu ditempatkan di dalam ruangan yang memiliki akses terbatas. Di luar ruangan pun mahasiswa bisa melihat bagaimana keadaan lingkungan sekitar mereka. Akan tetapi selain ini masih ada dampak negatif yang timbul.

Keadaan ruangan yang terbuka, sedikit banyak memiliki dampak negatif bagi mahasiswa baru. Terik matahari, debu, juga tidak kondusifnya lingkungan sekitar adalah beberapa permasalahan yang terjadi. Namun pihak panitia berusaha meminimalisir masalah ini. Misalnya, jika panas matahari mulai mengganggu mereka akan berpindah di tempat yang  lebih teduh. Selain itu, angin yang berhembus lumayan kencang juga mampu menghilangkan udara yang panas. Secara keseluruhan, selama TM ini para mahasiswa baru tidaklah merasa keberatan melakukan TM di luar ruangan walaupun ada beberapa yang merasa tidak nyaman. Hal ini, dikarenakan terdapat beberapa mahasiswa baru, yang mengalami gangguan kesehatan, misalnya alergi debu ataupun sensitif terhadap sinar matahari.

Jika di dalam ruangan juga tidak selalu membuat nyaman, misalnya ruangan yang terlalu sempit dan sirkulasi udara yang sedikit. Begitu halnya di luar ruangan yang menimbulkan ketidaknyamanan misalnya panas, debu ataupun hal lain yang mengganggu. Oleh karena itu perlu adanya  fasilitas yang mendukung untuk mahasiswa dan pihak lain yang terlibat. Bukan untuk PKKMB saja namun juga untuk kegiatan lain yang akan dilangsungkan di lingkungan FBS UNY.

Secara keselurruhan baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan adalah prespektif dari masing-masing individu. Ada pihak yang lebih suka jika berada di ruangan yang terbuka namun tidak jarang terdapat pihak yang lebih nyaman berada di ruangan yang tertutup. Namun alangkah lebih baik bila adanya tempat yang menampung para mahasiswa baru baik dalam rangkaian TM maupun PKKMB. Sehingga seluruh komponen yang terlibat dapat merasa nyaman dan PKKMB sebagai sarana menyambut mahasiswa baru dapat berjalan dengan baik.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Terpopuler

To Top