Buku

Tentang Zaman dan Sri dalam Tentang Kamu

Identitas Buku

  • Judul buku : Tentang Kamu
  • Pengarang buku : Tere Liye
  • Penerbit : Republika
  • Tahun terbit : 2016
  • Jumlah halaman : 524 halaman
  • Harga : Rp. 79.000

Kisah Zaman dan Sri

Kisah ini dimulai oleh Zaman Zulkarnaen yang merupakan seorang junior associate di Thompson & Co. Dia mendapatkan kesempatan untuk mengisi kursi lawyer senior. Dia harus menyelesaikan pembagian warisan sebesar satu miliar poundsterling milik Sri Ningsih.

Zaman mengawali penyelidikannya dari panti jompo, tempat di mana Sri Ningsih menghembuskan napas terakhirnya. Di sana ia bertemu dengan Madame Aimée yang merupakan pengurus dari panti jompo. Madame Aimée memberikannya buku harian milik Sri Ningsih yang berisi petunjuk-petunjuk untuk menelusuri kehidupan Sri Ningsih.

 Zaman mendatangi pulau di mana Sri Ningsih dilahirkan, yakni Pulau Bungin. Di sana dia bertemu dengan tetua pulau yang menceritakan kisah masa kecil Sri Ningsih. Mulai dari ibu Sri Ningsih yang meninggal saat melahirkannya hingga ayahnya yang menikah lagi lalu memiliki anak bernama Tilamuta.

Kisah kelam di masa Sri Ningsih dimulai saat ayahnya pergi melaut  namun tak pernah kembali lagi. Sejak saat itu, ibu tirinya memperlakukan Sri semena-mena. Singkat cerita, ibu tirinya tewas dalam musibah kebakaran di rumahnya. Kemudian Sri dan adik tirinya, Tilamuta, pergi ke Surakarta untuk menimba ilmu di Madrasah Kiai Ma’sum.

Zaman pun melanjutkan perjalanannya ke Madrasah Kiai Ma’sum. Di sana dia bertemu dengan Nur’aini yang merupakan sahabat Sri saat madrasah. Nur’aini menceritakan kisah Sri. Berawal dari kedatangannya hingga penyerangan oleh kelompok PKI yang menewaskan banyak jiwa, termasuk Tilamuta, adiknya.

Selanjutnya Zaman pergi ke Jakarta, mengikuti jejak sri. Di sanalah Sri hidup setelah berbagai kejadian yang menimpanya di Surakarta. Sri memulai kehidupannya dari awal, berjualan kaki lima, membuka rental mobil, menjadi sopir bus, pekerja pabrik, hingga ia sukses mendirikan pabrik sabun “Rahayu”  yang diambil dari nama ibunya.

Sri menukar 100% kepemilikan “Rahayu” dengan 1% saham kepemilikan salah satu perusahaan toiletries. Sri mensyaratkan bahwa “Rahayu” harus tetap dipegang oleh Catherine, orang kepercayannya.

Setelah itu Zaman kembali ke London. Dia teringat dengan foto yang ada di kamar Sri, di panti jompo. Di dalam foto itu, Sri berdiri di depan bus dengan nomor rute 16. Foto tersebut mengantarkannya bertemu dengan Lucy, kepala administrasi pool yang dulu merupakan rekan kerja Sri.

Informasi dari Lucy kemudian menuntun Zaman untuk mengunjungi kawasan Little India di London. Sri ternyata pernah tinggal di sana hampir dua puluh tahun, di apartemen milik keluarga Rajendra Khan. Zaman mendapatkan informasi lain, termasuk pernikahan Sri dengan Hakan Karim.

Pencarian Zaman mengalami titik buntu. Dari apa yang telah ditelusurinya, Sri Ningsih tak lagi memiliki keluarga. Harapan terakhirnya ialah menemukan surat warisan. Namun kejanggalan lain muncul tatkala firma hukum A&Z Law mengajak Thompson & Co. untuk bernegosiasi. A&Z membawa dua wanita yang mengaku sebagai istri dan mertua Tilamuta. Hal itulah yang akhirnya membuat Zaman terus berusaha mencari surat warisan Sri Ningsih.

Kelebihan dan Kekurangan

Tentang Kamu berhasil mengaduk-aduk perasaan pembaca melalui kisah para tokohnya. Cerita dalam novel ini begitu menyentuh, sehinga dapat membawa emosi pembaca naik turun. Selain itu, beberapa bagian dari cerita memiliki keterkaitan dengan unsur sejarah, seperti peristiwa pemberontakan PKI yang dilihat dan dialami secara langsung oleh Sri Ningsih dan peristiwa perang Indo-Pakistan yang menyebabkan keluarga Rajendra Khan (orang tua angkat Sri) mengungsi dari India di tahun 1970-an. Bumbu-bumbu sejarah tersebut membuat cerita ini semakin menarik untuk diulik. Novel ini juga dikemas dengan sangat informatif dan mendetail, sehingga dapat menambah wawasan para pembaca. Tak hanya itu, di dalam novel ini terdapat banyak pesan moral yang dapat dipetik, seperti kerja keras, ketangguhan, kesabaran, dan saling memaafkan.

Tak ada gading yang tak retak,  begitu pun dengan novel Tentang Kamu ini.  Cover, judul, dan sinopsisnya tidak mencerminkan keseluruhan maupun sebagian kecil isi novel,  sehingga calon pembaca tidak memiliki gambaran tentang isi dari novel ini. Selain itu, tak sedikit istilah-istilah asing yang terdapat didalam novel seperti SPV, market cap, right issue, dan beberapa istilah lainnya. Hal tersebut mengakibatkan tidak semua pembaca dapat memahaminya.

Secara keseluruhan tema yang diangkat serta alur dari novel ini membuatnya sangat menarik. Riset yang dilakukan oleh Tere Liye pun sangat mendetail sehingga menghasilkan novel dengan konten yang berkualitas. Latar dari novel ini juga beragam, di antaranya London, Paris, Pulau Bungin Sumbawa, Surakarta, dan Jakarta. Penggambaran dari latar-latar tersebut sangat baik sehingga pembaca dapat dengan mudah membayangkannya. Novel ini sangat direkomendasikan dan cocok dibaca  dari berbagai kalangan.

Baca KOLOM di lppmkreativa.com atau tulisan Annisa Lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top