Giatkan Kolaborasi bersama Akademisi, Deepublish Berkontribusi Tingkatkan Literasi di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, sumber daya alam, dan potensi manusia. Namun, di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi, Indonesia juga menghadapi masalah dalam hal literasi. 

Menurut hasil PISA 2022, peringkat Indonesia pada literasi membaca, matematika, dan sains naik 5-6 posisi dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang memiliki akses dan kemampuan untuk memahami informasi dan pengetahuan yang ada di sekitar mereka.

Baca juga: Pembina Kreativa: Kerja Aktivis adalah Kerja Peradaban

Sejalan dengan hal itu, Deepublish mengadakan talk show dengan tema “Revitalisasi Literasi, Solusi Menghadapi Transformasi di Era Disruptif” sebagai acara puncak dalam perayaan hari ulang tahun ke-14, Kamis (11/01). 

Acara talk show tahun ini kembali digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang sekaligus disiarkan langsung di kanal YouTube dan akun Instagram resmi Penerbit Deepublish. 

Meskipun digelar secara online, acara kali ini diikuti lebih dari 2.200 pendaftar yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dengan antusias yang tinggi. Selain itu, acara kali ini juga diisi oleh narasumber yang ahli di bidang pendidikan, yaitu:

  1. Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN.Eng. (Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
  2. Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif (Sekretaris Jenderal Asosiasi Dosen Indonesia)
  3. Dimas Chairullah, CPS (Duta Inspirasi Indonesia 2022). 

Baca juga: Komersialisasi Fasilitas Kampus FBSB UNY

Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh General Manager Penerbit Deepublish, yakni Gilang Mukti Prabowo, S.E., M.M. Selanjutnya, disusul sambutan dari Ketua Umum IKAPI Pusat, yakni Arys Hilman Nugraha, dan sambutan dari Drs. Agus Sutoyo, M.Si., selaku Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpustakaan Nasional RI. 

Deepublish Berkomitmen Tingkatkan Literasi dengan Layanan Baru di 2024

Dalam sambutannya, Gilang Mukti menjelaskan akan melakukan digitalisasi terhadap sistem pelayanan kepada para penulis. Salah satu upaya yang dilakukan akan merilis Portal Penulis. 

Portal Penulis menjadi portal khusus bagi para penulis di Penerbit Deepublish untuk mengakses berbagai layanan dan informasi. Layanan di sini seperti layanan untuk mengirimkan naskah buku yang akan diterbitkan. 

Baca juga: Review Film Sweet 20: Kisah Seorang Nenek yang Kembali Muda

Dengan menggunakan Portal Penulis maka penulis bisa mendapatkan data lengkap dari buku-buku penulis, mulai dari judul buku, proses penerbitan, hingga laporan royalti. Penulis juga bisa mengelola royalti dan saldo sendiri dengan praktis dan aman. 

Kehadiran Portal Penulis diharapkan bisa meningkatkan efisiensi dalam proses penerbitan sehingga para penulis lebih mudah dalam mengurus penerbitan naskahnya. Penyederhanaan ini diharapkan memberi ruang lebih bagi penulis untuk meningkatkan kualitas naskahnya. 

“Mempermudah (penulis) menulis dan menerbitkan buku di Deepublish sehingga kualitas naskah akan lebih baik juga,” kata Gilang Mukti memberi sambutan. 

Baca juga: Labirin Sidang Umum KPU, BEM, DPM FBSB: Rumit dan Problematik

Tantangan dan Peluang Pengembangan Literasi di Era Disruptif: Perubahan Teknologi yang Harus Dihadapi

Ketua Umum IKAPI, Arys Hilman Nugraha, dalam sambutannya mengungkapkan tantangan dan peluang pengembangan literasi di Indonesia di era disruptif. Ia menyoroti perubahan skala besar yang terjadi di aspek teknologi. Perubahan ini berdampak pada kebiasaan masyarakat dan media dalam mengakses sumber literasi, terutama saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada tahun 2020.

“Betul, kita mengalami disrupsi karena transformasi teknologi. Kemudian disrupsi ini menjadi semakin keras pada saat kita menemui keharusan dan keniscayaan untuk tampil dengan teknologi baru. Pada saat yang sama kita mengalami terpaan pandemi Covid-19,” ungkap Arys Hilman. 

Baca juga: Keresahan Mahasiswa akan Tarif Layanan di FBSB

Perubahan signifikan yang menuntut masyarakat beradaptasi dengan teknologi baru memberi tantangan dan peluang. Salah satunya adalah peningkatan literasi digital. Proses revitalisasi literasi di Indonesia dapat membantu masyarakat menerima perkembangan teknologi, memberi akses mudah ke sumber literasi, dan meningkatkan kualitas sumber literasi nasional.

Deepublish Apresiasi Mitra dan Penulis dengan Pemberian Penghargaan

Dalam acara perayaan ulang tahun Penerbit Deepublish yang ke-14 ini juga diisi dengan kegiatan awarding atau pemberian penghargaan. Pemberian penghargaan atau awarding ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para penulis, mitra, reseller, institusi, dan pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penerbitan buku Deepublish Group.

Baca juga: Ketidaksiapan UNY dalam Regulasi Program MBKM

Tahun ini, Penerbit Deepublish memberikan 7 kategori award kepada seluruh mitra, yaitu Mitraplus Netpromoter of The Year, Mitraplus Netpromoter Progresif of The Year, Institusi of The Year, Institusi Progresif of The Year, Distributor of The Year, Reseller of The Year, dan Book of The Year.

Penulis: Febrianna Indah

Editor: Editor Penerbit Deepublish

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post Pembina Kreativa: Kerja Aktivis adalah Kerja Peradaban
Next post Relevansi Media Sosial terhadap Degradasi Moral Akademisi Muda