Penampilan Parade dari Tim Garuda UNY pada Pameran Prestasi UKM UNY 2023 (Lppmkreativa.com/muisdesta)

Pameran Prestasi Unit Kegiatan Mahasiswa: Ajang Unjuk Gigi UKM bagi Mahasiswa Baru

Lppmkreativa.com—Untuk memeriahkan serangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di tingkat Universitas, UNY mengadakan Pameran Prestasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada Rabu, 9 Agustus 2023. Bertempat di GOR UNY, sebanyak 42 stand UKM tingkat Universitas ikut ambil bagian dalam memperkenalkan organisasinya masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan UKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa baru, sebagai wadah pembinaan dalam bidang olahraga, seni, penalaran, kesejahteraan, dan minat khusus.

Pembukaan Pameran Prestasi UKM UNY 2023 oleh Rektor UNY (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Antusiasme mahasiswa baru dalam mengunjungi stand UKM (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Antusiasme mahasiswa baru dalam mengunjungi stand UKM (Lppmkreativa.com/muisdesta)

Saat ditanya mengenai jalannya acara Pameran UKM ini, Vivi, salah satu panitia seksi acara mengaku bahwa pameran ini berjalan sukses. “Kalau menurut aku sukses ya, rame, Maba juga antusias banget. Mereka juga udah banyak yang daftar UKM juga.” Hal ini sejalan dengan peraturan dari Universitas pada tahun ini yang mewajibkan mahasiswa baru untuk mengikuti minimal satu UKM di bangku perkuliahan ini.

Parade UKM dalam Pameran Prestasi UKM UNY 2023 (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Parade UKM dalam Pameran Prestasi UKM UNY 2023 (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Perwakilan Parade UKM Bahasa Asing SAFEL (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Perwakilan Parade UKM Bahasa Asing SAFEL (Lppmkreativa.com/muisdesta)

Salah satu UKM yang bergerak di bidang bahasa asing, yaitu SAFEL, memanfaatkan kegiatan Pameran UKM ini sebagai salah satu modal awal dalam Penerimaan Anggota Baru (PAB) organisasinya. “(Lewat kegiatan ini), banyak maba yang tertarik untuk bergabung di sini. Ketika kita menjelaskan kegiatan kami di SAFEL, banyak dari mereka yang langsung mendaftar, jadi menurut kami kegiatan ini sangat efektif bagi UKM kami,” ungkap Khoirunnisa, salah satu anggota UKM SAFEL.

Miskomunikasi dan kurangnya koordinasi dengan panitia terkait merupakan salah satu halangan dalam pelaksanaan kegiatan Pameran UKM. Namun, pihak SAFEL sendiri sudah mengatasi hal tersebut dengan baik sehingga acara kali ini dapat berjalan dengan lancar. Targetnya, SAFEL akan menjaring kurang lebih 325 anggota baru pada PAB-nya di tahun ini.

Antusiasme mahasiswa baru pada stand UKM Musik SICMA (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Antusiasme mahasiswa baru pada stand UKM Musik SICMA (Lppmkreativa.com/muisdesta)

Menurut Indah, salah satu mahasiswa baru Departemen Administrasi Publik FISHIPOL UNY, kegiatan ini merupakan ajang yang efektif bagi mahasiswa untuk mengenal UKM yang berada di UNY. Dirinya juga mengaku sudah mendapat bayangan tentang UKM yang akan dia ikuti di bangku perkuliahannya. “Penting, sih, Kak (untuk mengikuti UKM di Universitas). Karena selain akademik kan kita juga perlu prestasi non akademik buat mengembangkan diri kita juga.”

Penugasan mahasiswa baru dalam pengumpulan stampel UKM (Lppmkreativa.com/muisdesta)
Penugasan mahasiswa baru dalam pengumpulan stampel UKM (Lppmkreativa.com/muisdesta)

Hanung, salah satu mahasiswa baru Departemen Geografi FISHIPOL UNY juga berpendapat serupa. Menurut Indah dan Hanung, kegiatan ini cukup seru untuk diikuti, namun karena keterbatasan ukuran stand yang melingkar di luar GOR UNY, mereka merasa kewalahan dalam mengantri memasuki stand UKM yang ada. Salah satu penugasan yang diberikan oleh panitia adalah mewajibkan mahasiswa baru untuk mendapatkan 20 stampel UKM yang dikunjungi. Hal ini menyebabkan antrian mahasiswa menumpuk di depan stand masing-masing UKM. Harapan mereka, kegiatan display UKM tahun depan bisa menggunakan tenda yang lebih besar. Selain itu, jumlah sesi kunjungan juga ditambah agar keramaian dapat terelakkan.

Penulis: Febrina Rahma Kusumaningrum

Reporter: Febrina Rahma Kusumaningrum, Muis Dela Pondesta

Editor: Dhea Arini Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post Mengulik Keseruan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNY Tahun 2023
Next post Seni sebagai Pionir PKKMB Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB) UNY