Home Teras PKKMB FBS Tingkat Jurusan, Sebelas Cerita, Tetap Berbudaya

PKKMB FBS Tingkat Jurusan, Sebelas Cerita, Tetap Berbudaya

by Lia Ika Agustin
327 views

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi salah satu agenda kegiatan kampus yang rutin dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru di Universitas Negeri Yogyakarta. Selama beberapa tahun terakhir, PKKMB UNY telah dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi covid-19 termasuk pada tahun ajaran baru 2022/2023. Seperti pada umumnya, kegiatan PKKMB di UNY terbagi berdasarkan tingkat universitas, fakultas, hingga jurusan.

Meskipun PKKMB masih dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi antusiasme dari peserta sekaligus panitia penyelenggara. Pada hari ini, Kamis (25/08) PKKMB Fakultas Bahasa dan Seni di tingkat jurusan telah sukses diselenggarakan. Adapun tema PKKMB jurusan merujuk pada tema PKKMB FBS, yaitu “Semangat Integritas demi Mewujudkan Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni yang Unggul dan Berbudaya.

Terlepas dari tema pokok FBS yaitu “berbudaya”,  panitia di setiap jurusan telah menyiapkan beberapa materi untuk mahasiswa baru yang sesuai tema dengan ciri khas masing-masing.

“Kami menghadirkan narasumber yang sudah pernah mendapat beasiswa dari Jerman sehingga mahasiswa-mahasiswa baru nanti dapat termotivasi dan menjadi manusia yang unggul, kreatif, dan humanis,” ujar Kenzo selaku Ketua Panitia PKKMB jurusan Pendidikan Bahasa Jerman.

Selain pemberian materi, para mahasiswa baru juga mendapatkan beberapa penugasan baik secara individu maupun berkelompok. “Salah satu penugasan yang kami berikan adalah Video Eks Maba. Pembuatan video dilakukan secara berkelompok dan dibagi secara random dari berbagai kelas sehingga para maba dapat menjalin relasi serta mempererat tali kekeluargaan antarmahasiswa,” ujar Salsabila, salah satu panitia PKKMB jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Dengan berbagai penugasan tersebut, para panitia berharap mahasiswa baru dapat menjalin hubungan yang baik antarmahasiswa baru maupun dengan mahasiswa lama. Penugasan kelompok yang diberikan juga dapat membangun rasa kekompakan, kebersamaan, dan persaudaraan. Selain itu, tujuan lain dari penugasan tersebut adalah untuk membentuk kreativitas dan inovasi mahasiswa baru sehingga mereka dapat menghidupkan kembali karya-karya dan budaya yang hilang akibat mewabahnya pandemi.

“Adanya tugas-tugas yang sudah disiapkan oleh panitia secara optimal tujuannya adalah untuk membentuk karakter, kedisiplinan, dan mengenalkan budaya Jawa pada maba,” ungkap Danang selaku Ketua Panitia PKKMB jurusan Pendidikan Bahasa Daerah.

 

 

Untuk memeriahkah PKKMB tahun ini, panitia juga telah menyiapkan acara puncak untuk masing-masing program studi. Di prodi Seni Rupa dan Seni Kriya, panitia telah menyiapkan acara Mural Bersama dan Sketsa Bareng di destinasi wisata sekitar Yogyakarta. Sedangkan di program studi Pendidikan Seni Tari, panitia mengadakan kuis, perlombaan kreasi kostum, dan estafet tari.

“Untuk acara puncaknya kami menyiapkan musikalisasi, dance, bermusik yang digabung menjadi sebuah teatrikal drama,” ujar Daffa selaku Ketua Panitia PKKMB jurusan Pendidikan Bahasa Perancis.

Baca Juga: Di Balik Bedah Juknis PKKMB FBS 2022Meski berjalan dengan cukup lancar, proses pelaksanaan PKKMB juga sempat mengalami beberapa kendala. Hal ini sangat dirasakan oleh Dio selaku Ketua Panitia PKKMB jurusan Pendidikan Seni Musik. “Persiapan kurang lebih satu bulan. Kendala internal dari kepengurusan yang susah diajak berproses, maba yang punya kesibukan sendiri, dan pemateri yang memberikan kabar secara mendadak jika ada acara lain. Ada juga kendala teknis seperti laptop panas karena zoom atau susah sinyal,” ungkapnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh teman-teman panitia dari PKKMB KMSI. “PKKMB secara online seperti ini sebenarnya kurang efektif. Muncul perbedaan pandangan karena para mahasiswa baru kurang literasi. Jadi, nanti setelah selesai proses PKKMB kita akan mengadakan pertemuan-pertemuan offline agar kekeluargaan di sini semakin terasa,” ujar Ketua Panitia PKKMB jurusan Sastra Indonesia.

Dari berbagai acara yang pada PKKMB tahun ini, panitia berharap pelaksanaan dapat berjalan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan diberikan kelancaran sampai akhir penutupan nanti. Beberapa harapan lain pun mereka lontarkan agar ilmu dari penugasan-penugasan dapat diresapi dan diterapkan oleh mahasiswa baru di Fakultas Bahasa dan Seni. “Harapan kita untuk PKKMB tahun ini, ya semoga apa yang kita sampaikan benar-benar dapat masuk dan diterima oleh maba,” ujar Najmi dan Yogi selaku salah satu panitia PKKMB Jurusan Sastra Inggris.

Reporter: Khrisna Ayu Meythasari, Arvinda Titania Maharani, Febrina Rahma Kusumaningrum, Nevilia Adina Prabaningtyas, Anelka Almayda Antarsyach, Iga Ayu Kusuma, Annaila Syafa Azzahra, Dhea Arini Putri

Related Articles