Home Teras Di Balik Bedah Juknis PKKMB FBS 2022

Di Balik Bedah Juknis PKKMB FBS 2022

by Dyah Ayu Noor Afifah
632 views

Bedah Petunjuk Teknis (Juknis) PKKMB Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta telah berhasil diselenggarakan secara luring pada Rabu (24/08) di Pendopo Tejakusumo. Acara ini merupakan salah satu lanjutan dari technical meeting fakultas (15/08). Pelaksanaan juknis menjadi bagian dalam persiapan PKKMB yang akan digelar 26 Agustus 2022.

Divisi acara menjabarkan berkenaan kegiatan yang akan dilaksanakan selama PKKMB jurusan, seperti rundown streaming acara. Para panitia turut berperan aktif selama bedah juknis dilakukan. Masukan juga diberikan oleh para panitia setelah juknis selesai dibedah.

“Sebenarnya fakultas itu ambil dari (PKKMB) universitas, kan ya. Tema universitas yaitu “Pionir Kebangkitan”. Jadi, ya, adaptasi itu,” ujar salah seorang panitia divisi acara.

PKKMB FBS mengusung tema “Semangat Integritas demi Mewujudkan Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni yang Unggul dan Berbudaya”. Pokok yang ingin difokuskan pada PKKMB FBS tahun ini berkaitan dengan integritas dan budaya. Maskot yang diambil kali ini juga kental dengan budaya yang telah berkembang di Indonesia yaitu Gathot Kaca.

Sama seperti dua tahun sebelumnya, PKKMB tahun ini akan diselenggarakan secara daring. Pengaksesan materi, campus tour, dan display ormawa dapat diakses melalui Besmart UNY. Lewat display ormawa ini akan ditampilkan video-video ormawa yang ada di FBS, seperti pengenalan dan ragam kegiatan ormawa.

Baca Juga: PKKMB Daring Lagi? Begini Euforianya

Mahasiswa baru melaksanakan PKKMB secara daring. Akan tetapi, panitia perlu mempersiapkan dan memantapkan secara luring. Tentunya banyak hambatan yang terjadi berkaitan dengan perizinan, permasalahan tempat yang mendadak dipakai, dan seputar masalah teknis yang ada di lapangan. Selain itu, kendala antara mahasiswa baru dan penugasan juga masih terdengar. Hal ini, tentu bukan merupakan suatu yang baru di dunia PKKMB.

“… Ada beberapa mahasiswa yang belum memenuhi kriteria kelulusan. Yaa, karena mereka melakukan penugasan hanya setengah-setengah,” tambah panitia PKKMB divisi acara.

Terlepas dari itu semua, PKKMB FBS akan tetap dilakukan lusa mendatang. Beragam penugasan baik secara individu maupun kelompok, perlu diikuti sampai akhir nanti. Acara puncak berupa penutupan PKKKMB FBS akan dimeriahkan berbagai penampilan kesenian yang menarik. Selain itu, penampilan dari mahasiswa baru telah dibagi kebeberapa kelompok sebelumnya.

“Berharapnya ya bisa berjalan dengan lancar, semua komponen FBS bisa bekerja sama sampai akhir. Bisa memberikan kesan pada mahasiswa baru FBS 2022 walaupun masih online.”

 

Reporter: Khrisna Ayu Meythasari dan Anelka Almayda Antarsyach

Related Articles