Pameran Sastra Tutup Pintu 2023 KMSI di Lab. Karawitan, FBSB, UNY

Berlayar Bersama dalam Sastra Tutup Pintu 2023

Lppmkreativa.com-Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) sukses menggelar Sastra Tutup Pintu (STP) 2023 pada Sabtu, 11 Februari 2023. Rangkaian acara dimulai sejak pukul 09.00-22.40 WIB, berlokasi di Gedung Lab. Karawitan FBSB UNY.

Pameran seni bertajuk “Berlayar Bersama Mengarungi Lorong Masa” ini mengusung konsep anjungan kapal sebagai tempat nahkoda mengemudikan kapal. “Anjungan” yang dimaksud adalah tempat pameran yang berisi berbagai karya seni dan sastra mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2020, 2021, dan 2022, sedangkan bagian panggung acara diibaratkan sebagai kapal pesiar dengan kursi penumpang.

Ornamen kemudi kapal yang merepresentasikan tempat kapten kapal mengemudi di dalam anjungan

Sebanyak delapan fotografi, tiga lukisan canvas, enam digital art, 18 cerpen, 24 puisi, dan dua edisi Mimesis dipamerkan dalam ruangan. Menurut salah satu penanggung jawab pameran, Mentari Mulya Dewi, tidak ada tema khusus yang dipatok untuk karya seni yang dipamerkan di STP 2023, bahkan KMSI membuka kesempatan seluas-luasnya untuk alumni Sastra Indonesia yang ingin menyumbangkan hasil karyanya. Walaupun begitu, beberapa karya yang dipamerkan tetap memiliki nuansa kapal dan pelayaran guna menghidupkan tema pameran.

Sembilan kutipan dari 18 cerpen karya mahasiswa sastra Indonesia

Baca Juga: Sastra Buka Pintu: KMSI Unjuk Diri

Salah satu hasil fotografi karya Ahmad Randi Fardiansyah dengan judul “Jalesu Bhumyamca Jayamahe”

“Jalannya pameran di-handle ­oleh tiga orang penanggung jawab, ada aku sendiri Mentari Mulya Dewi, Salsabila Kaula Putri, dan Rival Hadi Dhiwa N. Namun, dalam proses persiapan hingga hari-H dibantu oleh sie acara, perkap, keamanan, dan semua panitia dari prodi Sastra Indonesia angkatan 20, 21, dan 2022,” tutur Mentari.

Dua edisi Mimesis yang turut dipajang di salah satu dinding pameran

Selain menggelar pameran sebagai ciri khas dari Pentas Akhir Kepengurusan, Sastra Tutup Pintu 2023 juga dimeriahkan oleh berbagai performance: Live Music Sasindo angkatan 20, 21, dan 22; pembacaan puisi; Sasmita Teater; Sasmita Musik; penampilan KMSI; dan Live Music Budisni dan Jagad.

Alur program kerja kepengurusan KMSI yang digambarkan dalam bentuk peta

“Di tahun ini akan ada Sastra Buka Pintu sebagai awal pergantian kepengurusan, semoga banyak yang bergabung menjadi panitia dan acaranya semakin meriah. Sebenarnya, STP biasanya dilaksanakan di akhir tahun, yaitu bulan Desember, tapi karena Desember kemarin diadakan makrab prodi, STP diundur dan baru bisa dilaksanakan sekarang,” jelas Mentari.

 

Penulis: Dhea Arini Putri

Reporter: Ahmad Randi Fardiansyah, Dhea Arini Putri, Febia Catur Putri Surastiti, Natasya Vira Inggir Aprilia.

Editor: Renny Wulandari

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post Pertaruhan Mimpi dalam Pentas Produksi Teater (PPT) #42 UNSTRAT: “Dangdut Gerobak Dorong”
Next post Ketidaksiapan UNY dalam Regulasi Program MBKM