MENGHADIRKAN KRITIK MELALUI RSJ


Kajian drama merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa semester 5. Terkait mata kuliah tersebut, mahasiswa angkatan 2010 prodi PBSI kelas K melaksanakan latihan rutin untuk pementasan ujian akhir semester (UAS). Drama yang akan mereka pentaskan berjudul Rumah Sakit Jiwa(RSJ).”RSJ ini menceritakan tentang kritik poilitik untuk negara, sebenarnya RSJ ini mengkritisi masa Orba. Tapi karena Orba itu udah lama jadinya kita kaitkan dengan keadaan yang sekarang,” tutur Aini selaku pimpinan proyek drama kelas K.
“Untuk awal-awal latihan kita mencoba adaptasi diri sendiri dulu, kan kita di sini banyak yang ikut Hima maupun organisasi luar kampus, tapi ada juga yang tidak ikut sama sekali, jadi kita mencoba adaptasi diri sendiri dulu, latihan sampe malam,” ujar Aini.
Kelas K rutin melaksanakan latihan pukul 19.00 WIB setiap hari Senin, Rabu, Kamis, Minggu bertempat di Lapangan C.13. Pementasan yang akan dilaksanakan pertengahan Desember ini di sutradarai oleh Sandy, dan untuk supervisor, kelas K meminta bantuan Ali Safaat dari kampus Akprind.
Terkait masalah chemistry di panggung, mereka sudah mendapatkannya. Hal ini diungkapkan Aini, “Untuk chemistry sendiri kelas K udah dapet, karena sebelumnya kita ada pementasan puisi yang itu menjadi nilai plus tersendiri untuk kita.” Pementasan puisi tersebut selain untuk membangun chemistry juga untuk menambah pengalaman panggung. Sehingga ketika pentas sudah tidak canggung dengan keadaan di panggung.
Demi kesuksesan drama, kelas K memiliki beberapa prinsip yang diberlakukan bagi setiap peserta latihan drama. Pertama, memberlakukan sistem wajib datang. Kedua, sistem kesadaran pribadi. Selain itu kelas K juga mengadakan sistem denda,”Demi kebersamaan juga, kita mengadakan sistem denda, jadi setiap latihan semuanya wajib datang, bagi yang tidak datang tanpa informasi dan alasan yang tidak jelas akan kita denda.” (Lani/Nuri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post KISAH ROMANTIS DI BAWAH LANGIT NEW YORK
Next post INDIKATOR OKTOBER