Home ResensiFilm The Gifted: Setiap Sekolah Memiliki Rahasia

The Gifted: Setiap Sekolah Memiliki Rahasia

by Adela Litani
136 views

 

The Gifted adalah serial produksi negara Thailand yang dirilis pada tahun 2018. Serial ini adalah adaptasi dari film pendek yang berjudul sama dirilis pada tahun 2015 dan novel The Gifted oleh Sand Otnim. Serial yang memiliki jumlah episode sebanyak 13 episode.

Serial ini sempat booming di tahun 2018 dan ramai diperbincangkan banyak orang, terutama di kalangan anak muda yang menggemari serial bergenre misteri, thriller, dan fantasi. Serial ini juga sempat trending di Twitter.

Bercerita tentang sekolah bernama Rithda High School yang menempatkan siswa-siswanya dalam beberapa tingkatan kelas, mulai dari kelas 1-8. Penempatan kelas itu diklasifikasi berdasarkan kepintaran dari tiap siswa. Jadi, kelas 1-4 itu berisikan siswa-siswa yang pintar atau unggulan, sedangkan kelas 5-8 merupakan kelas bawah yang siswa-siswanya cukup sulit untuk memahami pelajaran. Fasilitas yang diberikan sekolah juga berbeda dari kelas 1-8. Misalnya saja, jam istirahat kelas unggulan lebih cepat daripada kelas yang di bawahnya.

Singkatnya, serial ini diawali dengan seorang siswa bernama Pang dari kelas paling bawah yaitu kelas 8 yang ingin lolos tes penempatan dan bisa masuk menjadi anggota kelas Gifted. Nah, kelas Gifted adalah kelas di atas kelas unggulan. Jadi, kelas ini berisi siswa yang memiliki sebuah bakat tertentu.

“Setiap sekolah mempunyai rahasia.” Kelas Gifted adalah kelas rahasia dan penuh misteri. Setiap siswa yang berhasil lolos tes penempatan dan masuk ke kelas Gifted, tidak boleh membocorkan rahasia yang ada di dalam kelas tersebut. Tidak ada yang tahu bagaimana cara lolos menjadi anggota Gifted Class. Bisa diasumsikan bahwa siswa kelas Gifted adalah siswa yang jenius dan di atas rata-rata.

Penonton akan dibuat takjub dan bingung dengan banyaknya misteri dan ketidakadilan di dalam sekolah tersebut. Mulai dari sulitnya lolos tes penempatan kelas Gifted, aktivitas yang dilakukan kelas Gifted, kisah dibalik terbentuknya kelas Gifted, segala bentuk ketidakadilan antara kelas Gifted dengan kelas biasa, dan masih banyak lagi.

Kekuatan Siswa Kelas Gifted

Dalam serial ini, ada beberapa karakter siswa kelas Gifted yang diceritakan. Setiap siswa Gifted memiliki bakatnya masing-masing.

Pang, yang diperankan oleh Nanon Korapat. Pang adalah siswa dari kelas 8 yang memiliki IQ rendah dan suka bermalas-malasan. Banyak orang meragukan Pang karena dirinya berasal dari kelas paling bawah tetapi bisa lolos tes penempatan kelas Gifted. Bakat yang dimiliki Pang yaitu mind control atau mengendalikan pikiran seseorang. Kekuatan ini adalah salah satu kekuatan yang paling besar dan berpengaruh dalam serial ini.

Wave, diperankan oleh Chimon Wachirawit. Wave memang dari awal cerita adalah siswa yang pintar dan cerdas. Namun, ia cukup sombong karena merasa paling jenius di antara yang lainnya. Kekuatan yang ia miliki yaitu technopath atau spesialisasi program komputer elektronik. Jari-jarinya sangat ahli dalam pemrograman komputer.

Namtarn, diperankan oleh Lily Apichaya. Namtarn adalah seorang siswi yang memiliki kekuatan melihat kisah balik di masa lalu. Hanya dengan berfokus dan memegang sebuah objek tertentu, ia bisa melihat kisah dari objek yang dipegang. Namun, sayangnya kekuatan Namtarn ini tidak bisa digunakan secara berlebihan karena dirinya memiliki riwayat kesehatan yang lemah.

Ohm, diperankan oleh Sing Harit. Ohm adalah karakter siswa yang humoris dan santai. Ia memiliki kekuatan menghilangkan suatu objek dan mengembalikannya lagi. Kekuatannya ini cukup berbahaya, apalagi jika yang ia hilangkan bukan benda melainkan manusia.

Punn, diperankan oleh Gun Attaphan. Kekuatan yang dimiliki Punn sangat keren tetapi meresahkan. Karakternya yaitu memiliki kekuatan Multiple Personality Disorder atau yang mudah dikatakan dengan memiliki banyak kepribadian. Jadi, Punn memiliki sisi gelap dan terang atau baik dan buruk dalam dirinya. Terkadang ia menjadi seorang yang over anger dan bertengkar dengan dirinya sendiri. Punn juga memiliki kemampuan menyalin keterampilan dengan cepat dan baik. Bisa dibilang Punn adalah siswa yang perfeksionis.

Claire, diperankan oleh Jane Ramida. Seorang siswi yang cantik dan menjadi ratu kelas. Ia memiliki kekuatan sinestesia atau bisa dikatakan dapat melihat warna aura seseorang. Warna aura tersebut nantinya akan dihubungkan atau diproyeksikan dengan emosi dari orang yang dilihat auranya.

Mon, diperankan oleh Puimek Nappasorn. Mon adalah siswi tomboy yang memiliki kemampuan lebih dalam bertarung. Ketangkasan yang ia miliki dapat menjadi defence bagi dirinya.

Korn, diperankan oleh Fiat Pattadon. Kekuatan Korn cukup mengganggu dirinya karena kekuatannya adalah tidak tidur selama berjam-jam. Hal itu membuat diri Korn cukup frustasi dan berusaha untuk menghilangkan kekuatannya.

Jack and Joe, diperankan oleh AJ Chayapol dan JJ Chayakorn. Si kembar yang memiliki kekuatan sinkronisasi. Ketika yang satu merasa sakit, yang satunya ikutan sakit. Ya, itulah contoh sinkronisasi. Sayangnya, kekuatan si kembar ini tidak terlalu diungkap dalam serial ini.

Misteri dan Kekuasan Petinggi Sekolah

Segala misteri terbentuknya kelas Gifted ini menuai banyak tanda tanya bagi penonton. Misteri ini akan diungkap oleh siswa Gifted sendiri. Banyaknya pro dan kontra antara siswa Gifted dengan sekolah, membuat konflik serial ini semakin seru.

Konflik sekolah yang melakukan diskriminasi terhadap siswa non Gifted membuat penonton ikut geram. Keegoisan dari petinggi sekolah yang menghalalkan segala cara demi jabatan pun diceritakan dalam serial ini.

Ketidakadilan yang diceritakan di serial ini sangat relate dengan kehidupan di lingkungan masyarakat. Bedanya saja, serial ini menceritakan dalam lingkup kecil yaitu sekolah.

Siswa Gifted akan selalu berusaha sekeras mungkin untuk mengungkap hal besar yang ditutupi oleh sekolah. Cara-cara tidak terduga akan diceritakan dalam serial ini.

Baca juga : Money Heist: Mendobrak Tatanan, Merayakan Kejahatan

Serial Yang Wajib Ditonton

Serial Thailand dengan karakter anak sekolahan yang dibalut dengan sangat baik oleh Sand Otnim sebagai penulis novelnya dan Waasuthep Ketpetch sebagai Director. Pengembangan karakter dari tiap pemain yang selalu berbeda dan juga meningkat di tiap episodenya.

Alur cerita yang sungguh plot twist membuat penonton selalu penasaran setelah selesai menonton satu episode. Pengemasan alur di serial ini akan membuat penonton ketagihan.

Walaupun banyak hal menarik di serial ini, pasti tetap ada yang namanya kekurangan. Kekurangan dari serial ini yaitu ada beberapa karakter yang jadi dianggap underrated  karena tidak diungkap lebih mendalam, seperti karakter Jack dan Joe yang merupakan bagian siswa Gifted.

Di akhir cerita nanti, mungkin akan beberapa penonton yang merasa kurang dapat feelnya. Bisa dibilang ceritanya akan gantung. Dari menggantungnya serial ini, membuat penonton ingin adanya season 2 atau lanjutan dari The Gifted.

Yaps, kabar baiknya lanjutan dari The Gifted sudah tayang. The Gifted Graduation atau bisa dibilang season 2 dari The Gifted sudah rilis pada September 2020.

 

Related Articles