Menulis: Tips, Menuangkan Ide dalam Bentuk Tulisan!

Apakah sebenarnya kegiatan menulis itu? Bagaimana cara menulis? Dari mana kita memperoleh ide untuk menulis? Mari kita kupas tentang seluk-beluk menulis yang sering menjadi ajang pengekspresian diri dan berbagi informasi dengan orang lain.

Menulis adalah suatu kegiatan yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Tak sedikit yang disukai, banyak pula yang menganggap menulis itu membosankan. Apakah pendapat itu benar ? Semua kembali pada pribadi masing-masing. Menulis adalah hal yang penting setelah membaca. Bagi sebagian besar orang, menulis adalah suatu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari.

Sebelum lebih jauh membahas tentang menulis, mari kita kupas arti menulis secara perlahan. Menulis adalah sebuah kegiatan untuk meluapkan ide, gagasan, pikiran, atau pengalaman dalam bentuk aksara. Menulis juga bisa diartikan membagi pikiran dan perasaan kita secara tidak langsung kepada orang lain. Jadi, dengan menulis kita bisa mengekspresikan apa yang kita rasakan.

Untuk menuliskan apa yang kita rasakan, tentu ada syarat yang kita penuhi. Seseorang tak akan bisa menulis tanpa membaca terlebih dahulu. Kira-kira. Kedua hal tersebut adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan membaca, tentu kita akan memperoleh hal baru yang akan mendorong kita untuk berpikir dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. kadang-kadang membutuhkan media untuk meluapkan segala ide dan gagasan yang memenuhinya.

BACA JUGA:Kelas Menulis bareng Agus Noor

Untuk menulis, kita memerlukan motivasi. Hal ini tentu menjadi motivasi seseorang untuk menulis. Mari kita simak beberapa motivasi menulis berikut.

  1. Bermanfaat bagi orang lain. Dengan menulis, kita dapat menghibur pembaca. Menulis dengan baik dapat meningkatkan nilai sosial, menginspirasi pembaca, dan membuat hidup menjadi lebih baik.
  2. Keterampilan berkomunikasi. Manusia berkomunikasi dengan empat hal, berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Keempat kemampuan ini harus diasah untuk menguasai keterampilan komunikasi secara optimal.
  3. Menulis membuat sehat. Dengan menulis dapat mengurangi stres sehingga kita bisa merasa lega setelah menulis atau menulis isi perasaan kita.
  4. Alasan ekonomis. Dengan menulis dan menerbitkan karya-karya kita, dapat uang atau kehormatan dari jeri jerih jerih payah menulis yang telah menjadi seorang hobi.

Lalu dari mana ide-ide menulis dapat ditemukan ? Mungkin tips-tips ini akan membantu Anda menemukan ide untuk menulis.

  • Pertama, banyaklah membaca. Dengan membaca, Anda akan menemukan ide dari sumber yang Anda baca, sehingga dapat mengembangkan kerangkan ide yang telah didapat menjadi sebuah karya tulis yang baik.
  • Dengan membaca, akan menemukan ide dari sumber yang telah dibaca, sehingga dapat mengembangkan kerangkan ide yang telah didapat menjadi sebuah karya tulis yang baik.
  • Kedua, catat pengalaman Anda. Menuliskan pengalaman yang berkesan akan memberi Anda sumber bahan atau ide untuk menulis. Kunjungi tempat-tempat yang Anda anggap menarik dan temukan dalam bentuk tulisan.
  • Menuliskan pengalaman yang berkesan akan memberi sumber bahan atau ide untuk menulis. Kunjungi tempat-tempat yang dianggap menarik dan temukan dalam bentuk tulisan.
  • Ketiga, berkumpul dengan penulis lain. Dengan berkumpul, kita dapat bertukar pikiran. kesempatan itu akan memberi Anda sebuah cara untuk memperoleh ide dari sudut pandang penulis lain. Anda dapat bertukar dan bertukar ide cerita sesama penulis.
  • Dengan berkumpul, kita dapat bertukar pikiran. kesempatan itu akan memberi sebuah cara untuk memperoleh ide dari sudut penulis lain dan dapat bertukar dan bertukar ide cerita sesama penulis.
  • Keempat, musik. Mungkin sebagian orang memperoleh ide menulis dengan mendengarkan sebuah musik. Bangunlah sebuah cerita dari lagu favorit Anda dan kembangkanlah menjadi sebuah karya.
  • Mungkin sebagian orang memperoleh ide menulis dengan mendengarkan sebuah musik. Bangunlah sebuah cerita dari lagu favorit dan kembangkanlah menjadi sebuah karya.

Satu pertanyaan yang sering dilontarkan kepada penulis. “Kenapa sih harus menulis ?”.  Bagi saya pribadi alasan yang tepat adalah,  menulislah untuk mengabadikan . Karena sudah menjadi sifat dasar manusia melupakan kepingan-kepingan kenangan yang telah dialaminya. Jadi, abadikan momen itu dengan menulis. menulis dari hal-hal terkecil, menulis buku harian misalnya.

Jadi, mari menulis untuk mengabadikan.

Selamat mencoba!

Salam literasi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post Rahasia Salinem: Demi Cinta yang Luar Biasa
Next post Faktor dan Tips Menghindari Klitih