Rahasia Salinem: Demi Cinta yang Luar Biasa

Rahasia Salinem menceritakan kehidupan seorang perempuan yang bernama Salinem. Ia adalah seorang abdi dalem yang mengabdikan hidupnya untuk sebuah keluarga keraton. Dalam rentang hidupnya yang hampir satu abad itu, ia bergelut dengan serangkaian peristiwa kelam. Rahasia mengenai hidup dan peranya pada keutuhan sebuah keluarga keturunan bangsawan kembali hidup setelah kematianya.

Dimulai dari tokoh Tyo yang baru mengetahui bahwa Mbah Nem sebenarnya bukanlah neneknya. Rasa penasaran akan siapa sebenarnya Mbah Nem dan bagaimana bisa rasa pecel berubah hanya karena pindah rumah. Kejadian ini menghantarkan Tyo untuk terus menguak rahasia itu satu persatu. Sampai pada akhirnya sebuah tembang milik Mbah Nem mengungkap seluruh rahasia hidupnya.

Menelusuri kilas balik hidup seorang Mbah Nem tentu bukan rentang waktu yang pendek. Namun, alih-alih membosankan, cerita mengenai hidup Mbah Nem justru menarik untuk ditelisik, khususnya bagi seseorang yang penasaran akan kehidupan orang pada zaman dahulu. Pada bab awal sudah disuguhkan cerita dengan latar kehidupan pada masa penjajahan.

Penulis menyajikan cerita dengan alur campuran. Setiap kronologis yang progresif disisipi adegan-adegan sorot balik. Penceritaan ini diawali dengan kehidupan Cucu Salinem, Tyo, pada masa kini yang mencoba menguak rahasia kehidupan Salinem semasa hidup. Sorot balik dalam cerita ini dihadirkan ketika Salinem mengalami pasang surut dari bayi hingga dewasa. Sama seperti kalimat yang terdapat pada sampul buku ini bahwa, “Salinem adalah seorang perempuan yang melepas segalanya demi cinta yang tak biasa.” Perjuangan dan pengorbananya dalam menjaga keutuhan sebuah keluarga sangatlah luar biasa. Cinta di sini bukanlah cinta yang penuh romansa, tetapi lebih besar dari itu mengenai persahabatan dan keluarga.

Baca selengkapnya: Review Novel “Dan Hujan pun Berhenti”¬†

Narasi dalam buku ini sangat mudah dipahami. Pemilihan kata dalam dialognya sesuai dengan latar waktu dan masih relevan untuk dibaca. Selain itu, kemunculan cerita sejarah dan adat istiadat yang kental mampu menghidupkan latar dalam cerita. Penggunaan bahasa dan aksara Jawa dinilai memperkuat kesan Jawa yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca sehingga menambah kesan estetis dari buku ini.

Saat pertama kali membaca judul, kesan yang muncul memang terasa sangat biasa seperti kebanyakan cerita. Namun, sesaat setelahnya pembaca akan mulai berpikir apakah yang sebenarnya disimpan oleh seorang yang bernama Salinem. Namanya sangatlah biasa dan wajar seperti kebanyakan orang Jawa pada umumnya. Jadi, apa yang istimewa darinya? Setelah menyelami buku ini, pembaca akan mengetahui keistimewaan Salinem.

Cerita hidup mengenai tokoh Mbah Nem ini sangat menginspirasi. Banyak petuah hidup yang dapat pembaca temui dalam buku ini. Teruskan saja dulu kalau ini bukan jalanmu kelak kamu akan tahu. Kalaupun ini benar jalanmu kamu juga akan tahu (Aji, 2019:70).

Novel yang ditulis Brilliant Yotenega dan Wisnu Suryaning Aji ini sangat bagus untuk dibaca. Sebab, penulis menghadirkan cerita klasik yang berlatar zaman penjajahan. Penyampaiannya yang sederhana dan dekat dengan kehidupan masyarakat  akan langsung pembaca pahami maknanya. Namun, makna yang tersimpan dalam cerita ini sangatlah luar biasa. Banyak pelajaran berharga yang dapat diambil setelah membaca buku ini. Salinem mengajarkan banyak hal mengenai hidup salah satunya adalah untuk menjalani hidup dengan terus berusaha dan bersyukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post ADHD: Si Kecil Aktif dan Kreatif
Next post Menulis: Tips, Menuangkan Ide dalam Bentuk Tulisan!