Home KolomFeatures Asal Usul Zodiak dalam Mitologi Yunani

Asal Usul Zodiak dalam Mitologi Yunani

185 views

 Aries

Aries disimbolkan dengan domba jantan. Domba ini bulunya dicari-cari oleh Jason and The Argonauts. Ketika raja dari Babylonia menikahi istri keduanya, Si istri pertama cemburu dan merencanakan kegagalan panen. Ia membohongi raja bahwa salah satu anaknya yang bernama Phixus harus dikorbankan untuk mengatasi bencana itu, namun Phixus diselamatkan oleh  Zeus dengan domba berbulu emas. Sebagai ucapan rasa terima kasih, Phixus mengorbankan domba itu kepada Zeus. Zeus kemudian menempatkan domba itu sebagai konstelasi bintang Aries.

Taurus

Taurus disimbolkan dengan hewan banteng. Hal ini, dikarenakan untuk mengenang Zeus yang pernah mengubah dirinya menjadi banteng untuk memenangkan hati Putri Venesia, Europa. Banteng jelmaan Zeus berenang melewati laut mediterania untuk membawa Europa ke Pulau Kreta. Zeus dan Europa kemudian menjadi orang tua dari Minos, raja dari Pulau Kreta yang legendaris. Sebagai peringatan atas perselingkuhannya dengan Europa, Zeus menempatkan banteng sebagai konstelasi bintang Taurus.

Gemini

Gemini disimbolkan oleh si kembar, Caster dan Pholups. Chaster adalah putra dari Tindareus, Raja Sparta dan suami Leda. Sedangkan Pholups adalah putra dari Zeus dan Leda. Ketika Pholups terbunuh dalam pertarungan, Caster merasa sedih dan memutuskan untuh bunuh diri. Zeus menghargai cinta mereka dan menempatkan keduanya sebagai konstelasi bintang Gemini.

Cancer

Cancer disimbolkan dengan kepiting raksasa. Kepiting ini dikirim oleh Hera untuk melawan Hercules, salah satu anak haram Zeus. Kepiting ini menempel di kaki Hercules saat ia bertarung melawan Hydra. Hercules kewalahan setiap kali ia memotong kepala Hydra, tumbuh dua kepala lagi. Akhirnya ia memutuskan untuk menghancurkan kepiting raksasa itu dahulu. Sebagai simbol ketaatannya pada Hera, akhirnya Hera menempatkan kepiting tersebut sebagai konstelasi bintang Cancer.

Leo

Leo disimbolkan dengan singa. Singa bernama Nemea ini juga merupakan salah satu monster yang harus dibunuh oleh Hercules. Hercules bertarung dengan tangan kosong dan berhasil mencekik Nemea. Ia menguliti Nemea dan menjadikannya sebagai jubah. Konstelasi bintang Leo terbentuk untuk menghormati pertarungan keduanya.

Virgo

Virgo merupakan jelmaan Astrea, dewi kepolosan dan kemurnian. Saat Zeus mengirim Pandora ke bumi, bumi menjadi tidak penuh wabah dan kebencian. Para dewa kembali ke Mount Olympus. Astrea, dewi terakhir yang kembali dan ia menjadi konstelasi bintang Virgo. Ia dikatakan akan kembali ke bumi saat Golden Age datang.

Baca Juga: Federic Chopin: Cinta dalam Imaji Komposer Romantis

Libra

Libra memiliki simbol timbangan yang melambangkan Themes, dewi keadilan dan ibu dari Astrea. Ia adalah dewi keadilan yang sering terlihat dengan mata tertutup kain dan memegang timbangan di tangannya. Themes juga akan kembali ke bumi saat Golden Age datang.

Scorpio

Scorpio disimbolkan dengan kalajengking. Ia adalah Oreon, giant tertampan dan merupakan rekan berburu Artemis. Apollo, kakak Artemis cemburu dan pergi ke Gaia untuk meminta membuatkan kalajengking raksasa untuk menyengat Orion. Orion dan kalajengking itu mati dan Zeus menempatkannya di langit sebagai konstelasi bintang Scorpio.

Sagitarius

Sagitarius merupakan sang Centaur Chairon. Ia sangat baik dan senang mengajarkan ilmu pengobatan, berburu, musik, dan ramalan. Ia tak sengaja terbunuh oleh Hercules. Karena ia makhluk abadi, ia tak bisa mati sebelum ada yang menggantikan nasibnya. Akhirnya ia digantikan oleh Prometheus. Zeus menempatkan Chairon sebagai konstelasi bintang Sagitarius.

Capricorn

Capricorn disimbolkan dengan kambing laut. Ini menyimbolkan penghargaan kepada peri Amavea yang telah menyusui Zeus kecil saat ia diasingkan ke Pulau Kreta. Sebagai tanda terima kasih, Zeus menempatkan kambing ini sebagai konstelasi bintang Capricorn.

Aquarius

Aquarius merupakan jelmaan Ganymede, pemuda Troya yang menjadi pembawa cangkir bagi para dewa. Keluarga Ganymede tidak terima akan perbuatan Zeus. Hal ini membuat Zeus marah mengirimkan banjir. Pada akhirnya, Zeus sadar dan meminta maaf pada Ganymede dengan menempatkannya sebagai konstelasi bintang Aquarius.

Pisces

Simbol dua ikan dalam zodiak Pisces ini adalah Aprodite dan Eros yang diubah Zeus ketika Typon muncul. Zeus mengubah mereka untuk menyelamatkan Aprodite dan Eros. Untuk mengenang peristiwa itu, Zeus menempatkan Aprodite dan Eros sebagai konstelasi bintang Pisces.

 

Related Articles