Kegiatan Produktif Untuk Mengisi Liburan Semester

Liburan semester yang ditunggu semua mahasiswa sudah di depan mata. Setelah bergelut dengan perkuliahan yang penuh huru-hara, tugas yang terus bertambah, akhir pekan yang digunakan untuk mengerjakan tugas, dan lika liku lainnya, tentu libur semester ini dinantikan mahasiswa untuk mengistirahatkan pikiran. Liburan ini menjadi waktu healing agar siap kembali menghadapi semester selanjutnya. Tapi, karena lamanya waktu liburan ini, sekitar satu bulan lebih, kadang kita bingung nih mau ngapain lagi. Kok gabut banget? Kok Bosen? Film apa lagi yang harus ditonton?

Baca juga: Resensi Novel “Re dan PeRempuan”

Nah, pertanyaan itu juga sering banget aku rasakan. Niat awalnya ingin balas dendam supaya bisa istirahat dan malas-malasan, tapi kalau dilakuin sebulan lebih juga capek. Jadi, ada beberapa rekomendasi kegiatan nih buat kalian semua yang bingung mau menghabiskan libur semester ini.

  1. Explore Hal Baru

Kalau lagi liburan memang cocok banget buat explore hal baru. Karena selama perkuliahan, waktu kita sudah habis untuk menyelesaikan tugas, jadi kita nggak bisa explore banyak hal. Kita bisa coba banyak hal baru, mulai dari melukis, merajut, berkebun, memasak, menulis, dan masih banyak lainnya. Kalau liburan disi dengan mencoba banyak hal baru, liburan kita nggak akan sia sia. Skill kita juga akan terus bertambah dengan explore banyak hal baru.

Baca juga: Press Release Pelatihan In-Depth LPPM Kreativa 2024

  1. Baca Buku

Buat sebagian orang mungkin membaca buku sudah menjadi kesenangannya. Tapi, ada banyak juga orang yang membaca buku ketika ada waktu liburan. Baca buku ini salah satu kegiatan yang sangat bisa dilakukan ketika liburan. Karena membaca buku bisa kita lakukan di rumah dan bisa sambil bermalas-malasan. Meskipun begitu, membaca buku ini akan menambah pengetahuan kita. Jadi, sempatkan untuk membaca buku walau sebentar saja.

  1. Ikut Kepanitiaan Kampus

Siapa yang mengisi waktu liburan kali ini dengan ikut kepanitiaan? Pasti banyak dari kalian yang memilih kegiatan ini. Apalagi ini libur semester genap, dimana para mahasiswa baru akan melakukan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Ikut kepanitiaan ini tentu sangat bermanfaat. Dengan mengikuti kepanitiaan kita akan mendapat pengalaman baru, belajar hal baru, dan berkenalan dengan orang-orang baru. Jadi, enggak ada salahnya menghabiskan liburan dengan sibuk mengikuti kepanitiaan.

Baca juga: Simpang Empat Palbapang

  1. Me time

Jangan lupa me time. Meskipun kita ingin liburan kita produktif, tapi me time ini sangat diperlukan. Me time bisa diisi dengan bermalas-malasan di kamar, menonton film atau drakor, jalan-jalan, dan banyak kegiatan lainya. Kalau me time kita selama liburan cukup, kita akan lebih siap menghadapi semester selanjutnya dan siap untuk membantai tugas-tugas yang akan datang.

  1. Olahraga

Meski liburan kita harus tetap sehat. Bagi yang selama berkuliah mungkin enggak ada waktu buat olahraga, atau mungkin malas karena udah capek, olahraga saat liburan sangat disarankan. Kita bisa mengisi olahraga ini hanya dengan berjalan kaki di pagi hari, jogging, atau hanya melakukan workout di rumah. Jadi, sempatkan untuk olahraga ketika liburan semester agar kita lebih sehat dan bugar.

Baca juga: Cerpen: Baby’s Breath

Nah, buat kalian yang masih bingung mau ngapain, bisa tuh di coba beberapa hal di atas. Meskipun liburan, tidak ada salahnya untuk melakukan hal-hal produktif. Kalau liburan jadi produktif tentu kita akan senang, dan kalau senang, kita siap untuk menghadapi drama perkuliahan di semester selanjutnya. Selamat liburan semester teman-teman.

 

Penulis: Elsya Putri Firmasari

Editor: Hana Yuki Tassha Aira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Previous post Resensi Novel “Re dan PeRempuan”
Next post Harmoni Estetika Sastra dan Kritik Sosial dalam Novel Gadis Pantai